Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

4 Cara Mengatasi Sensor Sidik Jari Tidak Merespon di HP Samsung

4 Cara Mengatasi Sensor Sidik Jari Tidak Merespon di HP Samsung
Febri Content Writer

HP Samsung memang sering sekali mengalami masalah, salah satunya sensor sidik jari tidak bekerja . Jika kamu mengalami masalah seperti ini, coba cara mengatasi sensor sidik jari tidak merespon di HP Samsung di bawah ini.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan, soalnya jika fingerprint atau sensor sidik jadi tidak merespon, bisa cukup repot nantinya saat ingin membuka keamaan di ponsel.

Soalnya teknologi keamanan yang dipakai ponsel saat ini semakin canggih. Mulai dari keamanan yang memakai password, PIN, sensor gerak, sensor pengenalan wajah, sampai pemakaian sensor sidik jari.

Sensor sidik jari banyak dipakai di ponsel masa kini. Sensor ini ada yang tertelak di belakang layar, di samping layar, sampai di dalam layar itu sendiri.

Samsung adalah salah satu vendor yang telah memakai sensor ini ke ponselnya. Sayangnya, kadang sensor sidik jari di ponsel Samsung tidak mau merespon. Kenapa ini bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Kenapa Sensor Sidik Jari Samsung Tidak Merespon?

Sebenarnya masalah di sensor sidik jari bisa terjadi karena beberapa hal. Bisa karena pemakaian jari yang salah, sampai sidik jari sudak rusak.

Error bisa terjadi saat kalian memakai jari yang berbeda saat membuka sensor. Misal dulu membuat sensor pakai jari telunjuk kanan, tapi kalian sekarang buka sensor pakai telunjuk kiri. Jadi pakailah jari yang sama untuk membuka sensor.

Baca Juga:  Rumor Samsung Galaxy Tab S9 Rilis Paruh Kedua Tahun 2023

Sensor juga tidak bisa berfungsi kalau kotor atau jari kalian lembab dan basah. Karena sensor bakal tertutup sehingga tidak bisa mendeteksi sidik jari.

Tidak hanya itu, sensor juga bisa error kalau sidik jari kalian rusak. Misal habis tergores atau terbakar. Kejadian itu bisa mengubah pola sidik jari kalian.

Cara Mengatasi Sensor Sidik Jari Tidak Merespon di HP Samsung

Kalau sensor sidik jari di ponsel Samsung dan permukaan jari kalian tidak bermasalah (bersih dan tidak rusak), kalian harus mengulang proses dari awal.

1. Hapus sidik jari lalu atur kembali sidik jari baru

Kalau sidik jari kalian masih tidak dikenali, coba hapus dan daftarkan ulang sidik jari kalian ke ponsel.

  1. Buka aplikasi ‘Pengaturan.’
  2. Ketuk menu ‘Biometrik dan Keamanan.’
  3. Tap menu ‘Sidik Jari.’
  4. Masukkan PIN, pola atau kata sandi kalian.
  5. Ketuk ‘Sidik Jari 1.’
  6. Pilih menu ‘Hapus.’
  7. Tap menu ‘Hapus’ lagi untuk mengkonfirmasi.
  8. Kemudian tapTambah sidik jari.’
  9. Ikuti petunjuk layar untuk mendaftarkan sidik jari sekali lagi.
Cara Mengatasi Sensor Sidik Jari Tidak Merespon di HP Samsung - Hapus Sidik Jari
Hapus sidik jari di ponsel Samsung (One UI)

Cara ini bisa dilakukan jika permasalahannya hanya pada conflict cache system. Biasanya setelah kita mengatur kembali pengaturan sidik jari dan kamu melakukan restart pada ponsel maka devices akan normal kembali.

Untuk beberapa kasus, cara pertama untuk mengatasi sensor sidik jari yang tidak merespon di ponsel samsung ini bisa bekerja dengan baik saat pertama kali coba.

2. Bersihkan cache di ponsel (file sampah)

Langkah ini bisa kalian lakukan kalau cara di atas tidak membuahkan hasil. Cara kedua ini akan menghapus data sementara di ponsel. Tenang, ini tidak akan menghapus informasi kalian dari ponsel kok.

  1. Matikan ponsel.
  2. Tekan dan tahan tombol volume naik dan Bixby (tombol samping).
  3. Tekan dan tahan tombol daya juga.
  4. Saat logo Android muncul di layar, lepaskan semua tombol.
  5. Tekan tombol volume turun.
  6. Pilih menu ‘Hapus Cache Partisi.’
  7. Selanjutnya, tekan tombol daya.
  8. Tekan tombol volume bawah untuk memilih ‘Ya.’
  9. Tekan tombol daya sekali lagi.
  10. Tunggu proses hapus selesai.
  11. Kalau sudah selesai, pilih ‘Reboot Sistem Sekarang.’
  12. Terakhir, tekan tombol daya untuk mulai ulang ponsel.
Baca Juga:  Bocoran Desain Samsung Galaxy A54, Usung Triple-Camera Tanpa Batas di Belakang

Seperti yang saya bilang di atas, jika permasalahnnya hanya pada cache maka solusi terbaik adalah dengan menghapus file sampah-sampah yang tersimpan rapi di smartphone Samsung.

Dengan sering menghapus cache di smartphone mampu meningkatkan kinerja HP Samsung.

3. Lakukan reset pabrik pada ponsel (kembali ke pengaturan awal)

Jika kedua cara di atas tidak ada yang berhasil kamu bisa coba untuk mengembalikan smartphone Samsung kembali ke pengaturan awal atau melakukan reset pabrik.

  1. Buka pengaturan ponsel.
  2. Gulir ke bawah.
  3. Buka menu Manajemen umum.
  4. Lalu pilih menu Reset/
  5. Kamu bisa pilih mau Reset Pengaturan atau Reset Data Pabrik.
  6. Untuk langkah awal coba lakukan Reset Pengaturan terlebih dahulu, jika tidak berhasil baru lah kamu coba untuk melakukan Reset Data Pabrik.
  7. Ikuti proses Reset Data Pabrik hingga berhasil hidup kembali dan silakan coba kembali atur sidik jari pada ponsel kamu.
  8. Selesai.

Untuk tutorial ketiga ini, jika kamu ingin melakukan Reset Data Pabrik, maka perlu diperhatikan bahwa kamu akan menghapus seluruh data di ponsel. Jadi pastikan kamu sudah melakukan backup data dan juga akun email.

Pastikan kamu masih ingat email yang kamu gunakan pada ponsel dan begitu juga password login nya. Jika tidak, maka kamu akan kesulitan nanti ketika membuka smartphone nya.

4. Bawa ponsel ke tempat Service center Samsung

Jika ketiga cara yang saya sarankan di atas tidak bekerja dengan baik, maka solusi terakhir yang bisa saya kasih ke kamu untuk cara mengatasi sensor sidik jari tidak merespon di HP Samsung.

Kamu bisa bawa ponsel tersebut ke Service Center, di sana kamu akan dilayani dengan baik dan juga akan diberitahukan tentang kondisi atau kesehatan devices yang kamu gunakan.

Baca Juga:  Rumor: Tak Ada Samsung Galaxy S22 FE, Samsung Galaxy S21 FE 4G Pun Jadi

Ini adalah cara mengatasi sensor sidik jari tidak merespon di HP Samsung paling ampuh dan merupakan pilihan terakhir yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki sidik jari yang error atau rusak.

What’s Next

Kurang lebih seperti itu cara mengatasi sensor sidik jari tidak merespon di HP Samsung, jika kamu punya pertanyaa terkait masalah sidik jari di HP Samsung, kamu bisa sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

Nanti pertanyaan yang kamu sampaikan bisa kita diskusikan bersama dan kalau pembahasannya cukup panjang, maka akan saya buatkan artikel pembahasan berikutnya. Jadi stay tuned ya!


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.