Menyambut Serial Game of Thrones Musim Ke-8

game of thrones season 8

Serial Game of Thrones mungkin adalah serial TV paling populer dalam 10 tahun terakhir. Tayangan musim ke-8 di tahun 2019 ini disebut sebagai musim terakhir serial ini.

Serial dari buku karangan George R.R. Martin ini memang selalu ditunggu oleh semua orang. Terutama karena jalan cerita yang penuh intrik politik susah ditebak. Sang pengarang pun tidak segan mematikan tokoh-tokoh di cerita ini.

Nah, mendekati serial Game of Thrones musim ke-8 hadir, apa saja yang sudah bisa kita ketahui? Yuk kita lihat bersama.

Tanggal Rilis Game of Thrones musim ke-8

Serial ini akan mulai tayang pada hari Minggu, 14 April 2019 jam 9 malam waktu Amerika (ET/PT). Jadi sekitar hari Senin pukul 8 pagi WIB.

Ada Berapa Episode?

Musim terakhir Game of Thrones ini akan memiliki 6 episode. Satu episode tiap minggu, dengan episode terakhir tayang 19 Mei waktu Amerika.

Walau jumlah episode-nya lebih pendek, durasi beberapa episode (ep 3-6) lebih panjang dari biasanya, mencapai sekitar 120 menit (dua jam).

Misteri & Ramalan

Beberapa misteri akan segera terjawab. Yah, kita sudah tahu siapa Jon sekarang. Di musim ke-8 ini, Bran atau Samwell mungkin akan memberitahu Jon. Akan menarik melihat reaksi Jon dan hubungannya dengan Daenerys.

Pada titik ini, sudah menjadi dugaan kuat bahwa Jon adalah “the Light-bringer”. Kalau kamu ingat, ramalan Red Priests dan Priestess of R’hllor menyatakan bahwa the Light-bringer merupakan “a sword of living fire” dan pedang pahlawan legendaris Azor Ahai akan muncul kembali di tangan ksatria “yang menarik pedang membara dari api”.

Lalu, kemungkinan besar ramalan tentang siapa yang menyebabkan kematian Cersei juga akan terjawab. Ramalan menyebutkan bahwa Cersei akan dibunuh oleh “volanqar”, yang diterjemahkan sebagai adik laki-laki. Apakah Jaime benar-benar akan mengakhiri riwayat Cersei?

Walau begitu, masih ada yang belum jelas tentang beberapa hal. Seperti di mana para dire-wolf yang tersisa berada (Nymeria dan Ghost), dan apa peran mereka di musim terakhir ini.

Pertemuan

Musim ke-7 lalu memperlihatkan pergerakan tokoh-tokoh GoT. Pada dasarnya, semua bisa kita bagi menjadi tiga tim.

  • Tim Utara — Mereka yang berkumpul di Winterfell, termasuk pewaris tahta Iron Throne dan pendukungnya.
  • Tim Cersei Lannister-Baratheon — Terakhir diketahui masih di King’s Landing. Cersei sebagai oportunis, merupakan bola liar yang susah diduga.
  • Tim Army of The Dead — Night King dan pasukan White Walkers. Di sini mungkin ada beberapa tokoh lalu yang sudah berubah (Hodor dan Benjen Stark misalnya).

Lalu musim ke-8 ini juga akan menghadirkan momen pertemuan menarik.

  • Jon dan Arya akan kembali bertemu setelah sekian lama terpisah,
  • Sansa dan Arya akan bertemu dengan Daenerys. Sansa kelihatannya kurang senang melihat Jon bertekuk lutut di hadapan Daenerys.
  • Jon bertemu dengan Bran dan Samwell Tarly. Misteri orang tua Jon akan segera disampaikan. Hal ini tentunya bisa mempengaruhi hubungan Jon dengan Daenerys.
  • Jaime Lannister akan bergabung di Winterfell. “This goes beyond loyalty,” kata Jaime. “This is about survival.”
  • Akankah Sandor “The Hound” Clegane bertemu dan bertarung dengan Gregor “The Mountain” Clegane? Pertarungan kakak beradik untuk menyelesaikan dendam lama ini juga akan menarik (fans menyebutnya dengan istilah “Cleganebowl“)

The Battle of Winterfell

The Battle of Winterfell disebut sebagai pertempuran yang dahsyat. Peter Dinklage (Tyrion Lannister) menyebutnya sebagai “Brutal… (pertempuran) ini membuat the Battle of the Bastards seperti taman hiburan”.

Bryan Cogman, co-executive producer serial ini, juga menyebutkan pada majalah Entertainment Weekly (EW) bahwa pertempuran ini menjadi “final face-off between the Army of the Dead and the army of the living“.

Sayangnya, ia juga menyebutkan kalau ada “beloved heroes” yang akan gugur di gerbang Winterfell. Sejauh yang bisa kita duga, tokoh-tokoh yang hadir di Winterfell adalah Jon Snow, Daenerys Targaryen, Tyrion Lannister, Arya Stark, Sansa Stark, Brienne of Tarth, Ser Davos Seaworth, Ser Jorah Mormont, The Hound, Samwell Tarly, dan Grey Worm.

Yang menarik, pertempuran di Winterfell ini juga akan menjadi pertempuran pertama untuk Arya Stark.

Siapa Yang Akan Mati?

Bukan rahasia lagi kalau George R. R. Martin bisa dengan mudah membunuh tokoh-tokoh GoT. Sebagai musim terakhir, kita bisa sedikit menduga kalau akan ada tokoh yang mati. Bahkan mungkin akhir yang tragis dan susah diduga.

Para penggemar tentu saja “berharap” Cersei Lannister akan menemui akhir yang mengenaskan (ada ramalannya juga kan?). Tapi sekali lagi, sering terjadi twist menyedihkan di serial ini.

Banyak tokoh yang tadinya dibenci namun kemudian disayang. Seperti Tyrion Lannister, Jaime Lannister, The Hound, dll. Mereka termasuk tokoh yang berani berbuat heroik. Bukan tidak mungkin heroisme mereka menjadi pisau bermata dua.

Lalu fakta bahwa banyak anak-anak Stark yang masih bertahan juga cukup mengkhawatirkan. Bulan April ini bisa menjadi bulan yang kejam untuk klan Stark.

which stark will be killed off this april bran arya sansa tony

Game of Thrones: The Last Watch

Judul ini merupakan sebuah film dokumenter berdurasi dua jam, yang melihat kembali musim terakhir serial ini. Film Game of Thrones: The Last Watch akan tayang pada tanggal 26 Mei 2019, satu minggu setelah musim ke-8 berakhir.