Benarkah Kamu Yang Masuk Akun Media Sosial Milikmu?

masuk akun instagram

Semakin populer sebuah media sosial, resiko yang ada juga semakin besar. Karena banyak akun terhubung di dalamnya. Mungkin kamu jarang memperhatikan. Tapi benarkah hanya kamu yang masuk ke akun media sosial milikmu?

Mungkin kamu merasa kalau akun media sosialmu, entah itu Facebook, Twitter, Instagram, dll, aman-aman saja. Toh tidak jarang kita membaca berita kalau beberapa layanan dibobol. Data yang ada, terutama email beserta password bisa diambil begitu saja.

Untuk itu, kamu perlu rajin memeriksa apakah akun email milikmu aman dan apakah akun media sosialmu tetap berada di tanganmu.

Seperti juga akun lainnya, media sosial juga memiliki halaman catatan siapa saja yang masuk akun bersangkutan. Sayangnya, kelemahannya juga sama. Kadang tidak mengenali lokasi dengan akurat. Tapi lumayanlah untuk melakukan cek dan ricek.

Nah, kalau kamu belum tahu, simak langkah berikut ini.

Facebook

Facebook memiliki cukup banyak alat kontrol untuk keamanan dan privasi. Termasuk untuk mengecek siapa yang masuk akun Facebook-mu.

Untuk mengecek aktivitas masuk, kamu bisa menuju ke halaman ‘Keamanan dan Info Masuk‘ (https://www.facebook.com/settings?tab=security&section=sessions&view). Di sana kamu bisa melihat jenis perangkat, lokasi, aplikasi, dan waktu masuk. Kamu juga bisa melihat IP adress dan menentukan apakah itu kamu atau bukan.

aktivitas masuk akun facebook

Twitter

Twitter juga memiliki halaman serupa. Kamu bisa mengaksesnya di halaman ‘Aplikasi dan Perangkat‘ (https://twitter.com/settings/sessions). Tepatnya di bawah aplikasi yang bisa mengakses akun Twitter-mu.

Sama seperti di Facebook, kamu bisa melihat jenis perangkat, lokasi, dan waktu. Kalau kamu curiga dengan sebuah aktivitas, kamu bisa memutuskan untuk keluar.

aktivitas masuk akun twitter

Instagram

Instagram juga punya halaman sejenis. Kamu bisa melihatnya melalui ‘Account Data‘ alias ‘Access Tool‘ (https://www.instagram.com/accounts/access_tool/logins). Sayangnya, informasinya tidak selengkap di Facebook atau Twitter.

Di sana kamu hanya bisa melihat waktu masuk akun Instagram. Tidak ada informasi perangkat, tidak ada lokasi, dll. Juga tidak ada alat untuk menentukan apakah itu kamu atau bukan dan tombol keluar dari sesi bersangkutan.

aktivitas masuk akun instagram