Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Simpan Spesifikasi Komputer Windows Untuk Kondisi Darurat

windows error

Komputer error tapi kamu tidak hafal spesifikasinya? Yah, untuk berjaga-jaga, memang ada baiknya kamu simpan spesifikasi komputer Windows milikmu (atau laptop). Supaya kalau ada kondisi darurat, kamu tetap bisa melihatnya.

Mengetahui spesifikasi komputer dan apa saja yang baru kamu lakukan sangat penting ketika ada kendala di komputer tersebut. Sehingga kita dan yang melakukan reparasi bisa mengenali permasalahan dan penyebabnya.

Tentu saja, ketika komputer error, kita mungkin sulit melihat keterangan spesifikasi di Sistem Informasi. Sebelum masalah terjadi, menyimpan cadangan informasi perlu kita lakukan. Lebih baik lagi kalau kamu menyimpannya di cloud. Jadi kita tetap bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.

Cara Menyimpan Cadangan Spesifikasi Komputer Windows
  1. Buka System Information.
  2. Klik salah satu hal untuk memilih sebagai yang akan disimpan. Misalnya, kalau kamu memilih System Summary, kamu akan menyimpan semua spesifikasi umum. Sementara kalau kamu memilih Display, kamu hanya menyimpan informasi kartu grafis.
  3. Klik File di menu.
  4. Klik Export.
  5. Pilih lokasi tempat penyimpanan informasi ini.
    — Sekali lagi, lebih baik simpan di cloud (OneDrive, DropBox, Google Drive, dll) supaya mudah diakses.
  6. Ketik nama berkas dan klik Save.

Berkas informasi itu merupakan berkas teks (.txt). Jadi kamu bisa membukanya dengan semua aplikasi text viewer, seperti Notepad. Hal ini tentunya untuk mempermudah melihatnya kembali. Bahkan di handphone.

Nah, setelah kamu memiliki cadangan informasi spesifikasi, saat ada masalah kamu tinggal tunjukkan spesifikasi komputer Windows milikmu ke tempat reparasi. Jelaskan juga apa yang terjadi, termasuk apa yang kamu lakukan sebelumnya. Semoga dengan begitu masalah cepat teratasi.

More Stories
ASUS ROG Strix G703GX, Laptop Gaming Pertama di Indonesia dengan GeForce RTX 2080