Oh, Ternyata Ini Alasan Kenapa Sistem Pendingin Xiaomi Mi Mix Fold Sangat Oke!

Xiaomi baru-baru ini membeberkan alasan kenapa sistem pendingin Mi Mix Fold terbaik di kelasnya. Apa alasannya? Baca detilnya sampai selesai.

Dilansir dari GSMArena, dalam sebuah postingan yang diterbitkan di Weibo, Xiaomi menjelaskan beberapa masalah terkait pembuangan panas yang terjadi di beberapa ponsel lipat.

Perusahaan mengatakan bahwa salah satu masalah di ponsel lipat adalah kapasitas perangkat yang dapat menghilangkan panas, tergantung pada jenis lipatannya. Tidak hanya itu, bagian bodi ponsel lipat yang berisi chipset, biasanya akan terasa lebih panas.

Xiaomi sendiri baru saja meluncurkan ponsel lipat pertamanya, Mi Mix Fold. Lewat perangkat ini, Xiaomi mengklaim bahwa mereka telah berhasil menghadirkan ponsel lipat dengan sistem pendingin terbaik di kelasnya.

Alasan Sistem Pendingin Mi Mix Fold ‘Diklaim’ Terbaik

Lewat Mi Mix Fold, Xiaomi telah mengembangkan mekanisme pembuangan panas ‘butterfly.’ Mekanisme ini dapat menghilangkan panas dari satu sisi ponsel ke sisi yang lainnya, melalui engsel ponsel. Hal tersebut membuat total area pendingin jauh lebih besar dibanding ponsel non-lipat.

Sumber Gambar : GSMArena

Mix Fold telah dilengkapi dengan teknologi pembuangan panas multi-dimensi yang paling mewah dan mutakhir di industri,” kata Xiaomi dalam postingannya.

Mix Fold menggunakan kombinasi liquid cool, gel termal, lembaran grafit multilayer, lembaran grafit tahan tekukan, dan lembaran foil tembaga. Kombinasi ini membuat Mix Fold punya luas permukaan pembuangan panas sebesar 22.583,7 mm persegi (35 sq in).

Sumber Gambar : GSMArena

Untuk ‘menjembatani’ pembuangan panas di kedua sisi ponsel, Xiaomi mengembangkan ‘terowongan perpindahan panas.’ Terowongan kecil ini dibuat dengan bahan grafit tahan lengkung.

Sementara ketahanan terhadap pembengkokan panas, disebabkan oleh pemakaian kulit ‘micro airbag bionic knuckle’ di sepanjang grafit. Membuat panas tetap mengalir lancar meski saat ponsel sedang dilipat.

Xiaomi mengatakan, material ini hanya akan kehilangan 3 – 5% kemampuannya untuk mentransfer panas setelah dilipat 180 derajat sebanyak 200.000 kali.

Sumber Gambar : GSMArena

Gambar di atas menunjukkan proses yang diperlukan untuk membuat grafit agar bisa dilipat. Tentunya, ini melibatkan beberapa proses pembuatan.

Sementara itu, ponsel lipat Xiaomi Mi Mix Fold mulai dijual di China pada tanggal 16 April. Smartphone ini ditenagai oleh chipset Snapdragon 888, punya layar eksternal 6,52 inci, layar lipat internal 8,01 inci, baterai 5.020mAh dengan pengisian cepat 67W, dan kamera utama 108MP.

Xiaomi Mi Mix Fold model 12GB/256GB dijual seharga $1.533. Untuk varian 12GB/512GB dibanderol dengan harga $1.686, serta varian 16GB/512GB dijual seharga $1.993.

%d blogger menyukai ini: