Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Apple Jadi Target Pemerasan Setelah Skema Macbook Dicuri Hacker

Anom Penulis

Menjelang acara “Spring Loaded“, Apple menjadi korban pemerasan dari kelompok hacker yang mengancam akan merilis skema produk ke dark web, kalau Apple tidak membayar tebusan.

Sebuah kelompok bernama REvil berhasil membobol Quanta Computer. REvil adalah sekelompok hacker asal Rusia. Sedangkan Quanta Computer merupakan perusahaan asal Taiwan dan merupakan salah satu manufaktur laptop terbesar di dunia.

Pada tanggal 20 April 2021, REvil kemudian mengklaim kalau mereka mendapatkan data produk Apple. Termasuk skema produk yang sudah dan akan rilis. Berdasar laporan The Record, mereka menyatakan lewat pesan di dark web kalau Quanta menolak membayar tebusan $50 juta untuk mendapat skema itu kembali. Kelompok hacker itu pun beralih ke korban lain, yaitu klien Quanta, Apple.

Quanta sendiri sudah memberi konfirmasi akan kejadian ini pada Bloomberg. Mereka menyatakan kalau sudah bekerja sama dengan ahli keamanan IT dan pihak berwenang untuk menanggulangi masalah ini. Namun juga menyatakan tidak ada efek material yang mengganggu bisnis perusahaan.

REvil pun mengunggah 21 gambar yang menunjukkan skema Macbook, dan mengancam akan mempublikasikan lebih banyak lagi skema sampai Apple membayar tebusan.

Dalam pernyataannya, REvil menyebut kalau sedang bernegosiasi dengan berbagai “major brands” untuk penjualan gambar rahasia dan data personal. Mereka meminta Apple membeli kembali skema itu sebelum tanggal 1 Mei.

Di dalam berkas yang dipublikasikan oleh REvil tersebut, salah satunya terdapat 15 gambar skema Macbook Pro yang bertanggal 9 Maret 2021.

MacRumors menggambarkan detil skema itu dengan beberapa fitur seperti colokan HDMI, 3 colokan USB-C/Thunderbolt, SD card reader, slot daya MagSafe, dan seperti bocoran di Twitter, di sebut tidak ada Touch Bar.

Baca Juga:  Rumor: Monitor Baru Apple Akan Rilis Tahun 2022

Salah satu skema memiliki kode “J316” yang diduga untuk model 16 inci, dan ada pula yang memiliki kode “J314” untuk model 14 inci.

Sedangkan The Verge menyebutkan kalau juga terdapat skema iMac baru yang diumumkan Apple di acara “Spring Loaded”, dan skema Macbook Air dengan chipset M1 yang sudah rilis.

Sejauh ini Apple belum memberi komentar resmi soal insiden ini.