Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Inilah 6 Skill Microsoft Word yang Harus Dikuasai oleh Pelajar

Indri Penulis

Apa saja skill Microsoft Word yang harus dikuasai oleh pelajar? Nggak perlu bingung, kamu bisa simak artikel berikut ini sampai tuntas.

Microsoft Word punya segudang fitur bermanfaat yang sayang kalau dilewatkan oleh pelajar. Apalagi fitur-fitur tersebut bisa membantu pelajar menyelesaikan tugasnya (terutama dalam pembuatan makalah).

Nah kali ini kami akan share berbagai skill Microsoft Word yang harus dikuasai oleh pelajar, lengkap dengan tutorial yang bisa kamu coba untuk meningkatkan level skill-mu. Yuk langsung saja!

skill microsoft word pelajar

Membuat Judul dengan Benar

Pas kamu mengetik di Microsoft Word, kamu sudah membuaat judul / sub judul dengan benar belum? Kalau mungkin selama ini kamu cuma sebatas memilih jenis font, mengatur ukuran font, atau mempertebal font untuk membuat judul, cara tersebut nggak salah sih. Tapi ya bisa dibilang ‘nggak terlalu tepat’ juga.

Kalau bikin judulnya cuma satu atau dua sih nggak apa-apa. Tapi kalau kamu bikin banyak judul, pasti kamu bakal lelah karena setiap kali bikin judul harus menyeleksi kalimat, memilih, mengatur ukuran dan warna font, dll.

Kabar baiknya, Microsoft Word menawarkan cara untuk membuat judul secara otomatis. Lewat fitur tersebut, kamu bisa menentukan jenis judul hanya beberapa klik saja.

Untuk mengetahui cara lengkapnya, kamu bisa cek tutorial membuat judul di MS Word.

Memasukkan dan Mengatur Gambar

Saat kamu baru menggunakan aplikasi Microsoft Word, kamu mungkin sedikit mengalami kesulitan dalam memasukkan gambar dan mengaturnya sesuai selera.

Pada dasarnya, fungsi gambar di sebuah dokumen adalah untuk memberikan informasi tambahan buat pembaca. Contoh nih, ada gambar logo di kop (header) yang bisa memberi informasi tentang identitas. Berbeda dengan gambar di dalam ketikan yang bisa memberi keterangan visual dari teks yang sudah ada.

Kalau kamu cari cara melakukannya, kamu bisa coba cek tutorial mengatur gambar di MS Word.

Menggunakan “Find and Replace”

Sebagai salah satu aplikasi pengolah kata veteran, Microsoft Word punya fungsi yang sangat lengkap, salah satunya yakni fungsi ‘Find and Replace.’

Fungsi tersebut bisa digunakan untuk memformat teks tertentu. Contohnya untuk menemukan kata tertentu dalam sebuah dokumen, kamu tinggal pakai fungsi ‘Find’ untuk menemukannya. Sedangkan kalau mau mengganti kata tertentu, kami bisa pakai fungsi ‘Replace.’ Untuk tutorial lengkapnya, kamu bisa simak tips pemakaian ‘Find and Replace’ dari kami berikut ini.

Membuat Catatan Kaki

Membuat catatan kaki / footnote adalah aktivitas yang sering dilakukan saat membuat karya tulis. Biasanya catatan kaki berisi penjelasan singkat, komentar, dan juga referensi dari sebuah kata / kalimat. Letaknya sendiri biasanya ada di bagian bawah halaman.

Walau istilah catatan kaki sudah ada sejak dulu, namun pengguna Microsoft Word yang masih pemula mungkin bingung cara membuat catatan kaki dengan format tepat. Oleh karena itu, kamu perlu menyimak tutorial seputar cara membuat catatan kaki di Microsoft Word dari kami.

Membuat Daftar Pustaka

Dalam pembuatan makalah, salah satu proses yang cukup rumit adalah meletakkan kutipan dan membuat Daftar Pustaka dengan rapi.

Kalau belum mengetahui triknya dengan benar, dijamin kamu bakal kerepotan mencocokkan sumber kutipan dan Daftar Pustaka di akhir karya tulis.

Padahal kalau tahu caranya, bikin Daftar Pustaka cuma perlu beberapa klik saja lho. Nggak percaya? Kepoin aja cara bikin Daftar Pustaka di MS Word ini deh.

Membuat Daftar Isi

Bikin Daftar Isi di Microsoft Word bisa menjengkelkan banget lho. Yah, paling tidak itu yang bakal kamu rasakan kalau belum tahu caranya. Tapi kalau sudah tahu, beuh… Dijamin bakal senang. Pasalnya gampang dan praktis banget.

Supaya kamu bisa melakukannya dengan benar dan cepat, kamu bisa praktikkan tutorial bikin Daftar Isi di MS Word ini.

    %d blogger menyukai ini: