Skype Luncurkan Fitur ‘Meet Now’ untuk Saingi Zoom

Skype siap saingi Zoom dengan meluncurkan fitur โ€˜Meet Now.โ€™ Seperti apa fitur tersebut, dan bisa kah fitur ini membuat orang-orang meninggalkan Zoom?

Masih soal work from home (WFH). Selama masa WFH, setidaknya ada 2 aplikasi yang paling populer. Yakni Google Classroom dan Zoom.

Bicara soal Zoom, aplikasi ini banyak dipakai untuk meeting online. Sayangnya, beberapa waktu lalu terkuak ada beragam bahaya di balik pemakaian aplikasi Zoom.

Di saat seperti ini, Skype sepertinya melihat peluang bagus. Layanan video call tersebut lalu meluncurkan fitur baru bernama Meet Now. Fitur ini diklaim mampu menarik orang untuk menggunakan Skype dari pada Zoom.

Hm, benar kah seperti itu?

Sumber Gambar : PCWorld

Apa Itu Fitur Skype Meet Now?

Skype adalah layanan video call yang sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu. Tapi sejak ada aplikasi chatting seperti WhatsApp, Google Duo, perlahan-lahan Skype mulai ditinggalkan.

Sementara selama COVID-19, orang-orang justru lebih suka memakai Zoom, bukan Skype. Bukan tanpa sebab, karena Zoom membuat meeting online menjadi lebih mudah dengan jumlah pengguna lebih banyak dalam satu video call.

Sayangnya, beberapa peneliti mengungkapkan kalau keamanan di aplikasi Zoom sangat rentan. Seperti bocornya data pengguna, sampai kemungkinan lokasi pengguna terlacak.

Akhirnya Skype pun membalas Zoom dengan meluncurkan fitur baru. Meet Now, adalah fitur yang digadang-gadang lebih efektif dari Zoom.

Apa gunanya fitur ini? Fitur ini memungkinkan host membuat dan berbagi meeting gratis hanya dalam beberapa klik. Menariknya, penyelenggara meeting online tidak perlu menginstal aplikasi Skype lho.

Pembuat acara hanya perlu mengundang orang lain memakai tautan sederhana. Oya, pembuat acara juga bisa memakai tombol share untuk mengundang orang lain.

Kalau orang yang kalian undang sudah menginstal Skype, aplikasi bakal langsung menghubungkan mereka ke panggilan. Kalau tidak punya aplikasinya, meeting online akan dilakukan lewat browser Chrome atau Edge.

Zoom sendiri telah melakukan berbagai perubahan. Khususnya dalam hal keamanan privasi. Ya kita lihat saja, apakah Skype berhasil menggeser Zoom atau justru sebaliknya. Hehe.

%d blogger menyukai ini: