Smart TV Nokia Hadir untuk Pertama Kali

smart tv nokia

Merek Nokia jelas sangat lekat dengan handphone. Pernahkah kamu membayangkan kalau Nokia merilis produk elektronik lain? Jangan salah, sekarang ada smart TV Nokia.

Memang, TV ini bukanlah buatan Nokia, perusahaan teknologi dari Finlandia . Tapi pembuatnya pun bukan sembarangan. Adalah Flipkart yang berada di belakang produk smart TV ini.

Untuk yang belum tahu soal nama yang disebut terakhir ini, Flipkart adalah perusahaan e-commerce besar di India. Perusahaan ini disebut mampu bersaing dengan Amazon India dalam penjualan produk elektronik dan smartphone.

Flipkart membeli lisensi untuk menggunakan merek Nokia pada produk TV di India. Sama seperti HMD Global menggunakan lisensi merek Nokia di smartphone. Smart TV ini pun menjadi TV pertama yang memakai merek ponsel legendaris itu.

Smart TV Nokia ini merupakan TV LED dengan layar sebesar 55 inci dan mendukung resolusi 4K. Selain itu, TV ini juga mendukung teknologi ‘intelligent dimming‘ yang membantu membuat warna hitam jadi lebih kelam melalui kontrol backlight yang akurat. Lalu, TV ini juga mendukung ‘wide color gamut‘ untuk tampilan yang lebih hidup dengan keseimbangan antara kontras, kecerahan, dan warna.

fitur smart tv nokia

Namanya juga smart TV. Jadi TV ini pun memiliki spesifikasi “cerdas”. Spesifikasi internalnya meliputi prosesor Quad-core dengan GPU Mali 450, dan dilengkapi dengan RAM 2,25GB dan ROM 16GB. Kemudian, TV ini juga berjalan di atas platform Android 9 Pie.

Di dalamnya juga sudah terdapat Chromecast dan beberapa aplikasi pendukung. Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah speaker yang disetel oleh JBL dan mendukung teknologi DTS Surround dan Dolby Audio.

smart tv nokia android

Bukan rahasia lagi kalau India dulu adalah salah satu pangsa pasar ponsel Nokia terbesar. Nama Nokia sangat berpengaruh di sana. Jadi tidak mengherankan kalau Flipkart menggunakan merek Nokia untuk produk smart TV ini. Namun, sebelum ini Flipkart pun pernah bekerja sama dengan Motorola untuk merilis beberapa produk smart TV di India.

Yah, masih terasa janggal rasanya melihat nama Nokia di produk selain ponsel. Walau kalau kita lihat sejarahnya, Nokia juga pernah memproduksi tissue toilet.