Tidak Dapat Notifikasi? Cek Smartphone Yang Bunuh Kinerja Aplikasi

Apa kamu sering tidak dapat notifikasi dari aplikasi tertentu? Mungkin smartphone Android milikmu termasuk yang agresif membunuh kinerja aplikasi di latar belakang.

Saya sendiri pernah mengalaminya. Sebgaai contoh, beberapa fungsi pengingat alias reminder yang saya pasang di aplikasi To-Do tidak muncul sebagai notifikasi. Alhasil, tugas yang harus saya lakukan terlewat dan jadwal jadi kacau. Hal ini tentu menyebalkan.

Ternyata penyebabnya seringkali adalah fitur penghemat baterai smartphone. Demi mengurangi pemakaian daya, penghemat baterai mematikan aplikasi yang bekerja di latar belakang. Hasilnya, smartphone yang seharusnya membantu aktivitas kita dengan cerdas justru jadi tolol nggak karuan.

DontKillMyApp

Salah satu pengembang aplikasi Android, yaitu tim Urbandroid (ahem, tidak ada hubungannya dengan kami), mengambil tindakan untuk perilaku ini. Mereka melacak fitur penghemat baterai dari berbagai merek smartphone dan membuat daftar siapa saja yang paling agresif.

Melalui situs dontkillmyapp.com mereka menyajikan daftar merek smartphone yang ganas mematikan aplikasi di latar belakang. Daftar itu juga dilengkapi rating yang menunjukkan peringkat siapa yang paling buruk menangani aplikasi latar belakang.

situs dontkillmyapp

Mereka juga memberi informasi bagaimana skor atau rating itu dibuat. Termasuk apakah fitur yang bersangkutan bisa diatur dengan mudah oleh pengguna atau tidak.

Di dalam tiap halaman merek smartphone itu, mereka juga menjelaskan bagaimana fitur dari OEM membatasi proses di latar belakang. Selain itu ada juga penjelasan bagaimana mematikan fitur tersebut.

Setelah merilis situs DontKillMyApp, tim Urbandroid juga merilis aplikasi di Play Store sebagai bahan perbandingan (benchmark). Beberapa pengembang aplikasi lain pun sudah memberi dukungan untuk proyek ini. Misalnya Slack dan Tasker.

Nah, kalau kamu salah satu orang yang sering tidak dapat notifikasi dari aplikasi tertentu di smartphone Android, coba cek situs tersebut. Kalau ingin tahu lebih jauh, silakan juga unduh aplikasinya dan lakukan benchmark.

Kunjungi situs

Download (Android)

%d blogger menyukai ini: