Smartphone Xiaomi Dengan Kamera Bawah-Layar Hadir Tahun Depan

Xiaomi mengumumkan perkembangan menarik mengenai teknologi kamera bawah-layar di smartphone mereka. Rencananya, smartphone dengan teknologi itu akan hadir tahun 2021 mendatang.

Ambisi produsen smartphone menghadirkan layar penuh di smartphone sudah kita kenal dengan baik. Berbagai usaha, mulai dari kamera pop-up yang pernah hadir di berbagai smartphone sampai kamera flip seperti di ASUS Zenfone 7 terbaru, sudah kita saksikan.

Salah satu usaha lain adalah meletakkan kamera di bawah layar smartphone. Ini berbeda dengan layar yang memiliki lubang kamera seperti Infinity-O dari Samsung.

Xiaomi merupakan salah satu merek yang mengembangkan teknologi itu. Tahun lalu, Xiaomi dan OPPO sudah pernah menunjukkan teknologi tersebut. Keduanya memakai pendekatan yang berbeda.

Perkembangan Kamera Bawah-Layar Xiaomi

Melalui blog resmi, Xiaomi mengumumkan perkembangan terbaru. Perkembangan ini adalah generasi ke-3 dari kamera bawah-layar yang mereka kembangkan.

Xiaomi menyebutkan kalau teknologi baru ini mampu menyembunyikan kamera sepenuhnya sehingga tidak terlihat di layar. Dengan begitu mampu menampilkan layar penuh dengan lebih nyata.

ilustrasi kamera bawah layar xiaomi
gambar: Xiaomi

Pada generasi ke-3 ini, Xiaomi mampu menata pixel di layar sehingga cahaya bisa lewat melalui celah di tingkatan sub-pixel. Dengan begitu, tiap pixel mampu menangkap citra RGB tanpa mengorbankan kerapatannya.

Berbeda dengan solusi dari merek lain, Xiaomi menggandakan jumlah pixel, baik horizontal maupun vertikal, sehingga kerapatan pixel di atas kamera sama dengan di bidang layar lain. Hal ini membuat wilayah di atas kamera memiliki tingkat kecerahan dan akurasi warna yang juga sama.

Berdasar penataan pixel terbaru ini, Xiaomi juga mengembangkan rancangan sirkuit khusus yang bisa menyembunyikan komponen yang ada di balik layar.

Memang, walau kita sudah mendengar teknologi kamera bawah-layar sejak tahun 2019, kita belum menyaksikan kehadirannya. Ternyata memang ada alasannya. Teknologi ini belum siap untuk dipakai secara praktis.

Dengan perkembangan kamera bawah-layar generasi ke-3 ini, Xiaomi cukup percaya diri untuk menyatakan akan memproduksi secara masal tahun depan (2021). Tentunya, kehadiran teknologi kamera ini layak kita tunggu.

%d blogger menyukai ini: