OPPO dan Xiaomi Tunjukkan Kamera Selfie di Bawah Layar Ponsel

foto: South China Morning Post

Persaingan untuk meraih true bezel-less smartphone masih terus berlanjut. OPPO dan Xiaomi menunjukkan bagaimana kamera selfie berada di bawah layar ponsel.

Kita sudah menyaksikan berbagai upaya mencapai layar bezel-less dalam beberapa tahun terakhir ini. Mulai dari penggunaan notch (yang populer dengan istilah poni), pop-up kamera, layar slider, sampai lubang kamera di layar seperti Infinity-O dari Samsung.

Namun ternyata semua itu belum menjadi solusi ideal. Kelihatannya, orang-orang tetap memilih smartphone yang hadir dalam satu bagian utuh, tanpa ada bagian bergerak atau lubang yang menghalangi pandangan ke layar.

Itulah sebabnya riset untuk teknologi kamera selfie di bawah layar smartphone terus berjalan. Dua ponsel asal Cina berusaha menunjukkan hasilnya.

OPPO: Pertama Kali Menunjukkan Kamera Selfie di Bawah Layar

Melalui akun resmi di Twitter, OPPO menunjukkan prototipe mereka dalam sebuah video. Prototipe itu menunjukkan kamera selfie yang tersembunyi di balik layar dengan pixel aktif.

Artinya, lubang layar tidak terlihat dan tertutup oleh tampilan layar biasanya. Seperti sihir, video itu menunjukkan bagaimana layar beralih dari layar utama ke fungsi kamera depan, tanpa menunjukkan posisi fisik lensa kamera. Luar biasa.

OPPO, beserta saudara jauhnya Vivo, merupakan perusahaan smartphone yang rajin melakukan inovasi untuk hal ini. Mereka sudah mencoba bentuk slider dengan OPPO Find X dan pop-up unik dengan OPPO Reno.

Brian Shen, Vice President OPPO, mengunggah video yang sama di Weibo. Ia menyebutkan bahwa sangat sulit meletakkan kamera di bawah layar aktif dengan kualitas yang sama dengan kamera di atas layar. Namun, ia tidak menyebutkan kapan teknologi ini akan tersedia di smartphone mereka.

Xiaomi Tidak Mau Kalah

Tidak lama setelah OPPO menunjukkan teknologi kamera selfie di bawah layar mereka, Xiaomi juga mengunggah video sejenis. Alvin Tse, anggota tim R&D Xiaomi, menunjukkannya lewat akun Twitter miliknya.

Prototipe ini disebut diterapkan dengan menggunakan ponsel Mi 9. Sedikit berbeda dengan OPPO, ketika hendak memotret dengan kamera depan, layar berubah menjadi sedikit transparan (tapi tetap tidak terlihat). Saat tidak memotret selfie, layar tetap tampil seperti biasa.

Xiaomi menyebutkan bahwa sistem kamera ini merupakan teknologi yang mereka kembangkan sendiri. Berarti, pendekatan Xiaomi berbeda dengan teknik yang diterapkan OPPO.

Selain di Twitter, Xiaomi juga menunjukkan gambar infografis di Weibo. Gambar itu menunjukkan layar yang dipakai adalah layar AMOLED dan layar yang berada di atas kamera juga berperan sebagai lensa.

%d blogger menyukai ini: