Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Sony Xperia 5 II Baru Bisa Rekam Video Slo-Mo 4K HDR 120fps!

xperia 5 ii
Anom Penulis

Smartphone Sony Xperia 5 II (disebut mark two) sudah resmi hadir. Melalui smartphone ini Sony menawarkan pengalaman gaming, hiburan, dan sinematografi berkualitas tinggi.

Kita tahu kalau Sony sudah terkenal di ketiga hal itu. Untuk gaming ada PlayStation (PS5 masih hot dibicarakan), untuk hiburan Sony punya berbagai lini TV dan Home Cinema, dan untuk sinematografi Sony punya berbagai kamera berkualitas industri.

Sejak Sony merilis Xperia 1, mereka memfokuskan ulang fitur unggulan smartphone mereka. Bahkan generasi berikutnya, Xperia 1 II, banyak mendapat pujian.

Sony Xperia 5 II merupakan generasi berikutnya dari lini ini. Sony menyebutkan kalau ponsel ini banyak membawa fitur unggulan dari Xperia 1 II.

Lebih Ringkas, Fitur Tetap Powerful

Smartphone ini memiliki ukuran sedikit lebih kecil. Yaitu dengan layar sebesar 6,1 inci dibandingkan Xperia 1 II yang punya layar 6,5 inci. Walau sama-sama memakai layar OLED, punya rasio 21:9 CinemaWide, dan Gorilla Glass 6, Xperia 5 II “hanya” memiliki kualitas HDR FHD+ (tidak jelek, hanya berbeda).

penampilan Xperia 5 II

Di sisi lain, layar Xperia 5 II sudah memiliki dukungan refresh rate 120Hz, touch scanning rate 240Hz, dan pengurangan motion blur 240Hz. Layar ini juga memenuhi standar CineAlta dan DCI-P3 100% untuk akurasi warna.

Dari sisi spesifikasi internal, ponsel ini tidak jauh beda dengan Xperia 1 II. Xperia 5 II juga memakai chipset Snapdragon 865 dan RAM 8GB. Perbedaannya ada di kapasitas penyimpanan yang “hanya” 128GB UFS (tapi juga mendukung penyimpanan eksternal sampai 1TB). Sedangkan baterainya sama-sama 4000mAh.

Sinematografi Canggih

Sama seperti Xperia 1 II, Sony Xperia 5 II juga membawa teknologi dari seri kamera Alpha. Termasuk Real-time Eye AF, Autofocus dengan performa kalkulasi AF/AE 60 kali per detik dan sampai tangkapan gambar 20fps.

Xperia 5 II memiliki tiga kamera dengan tiga titik fokus: 16mm, 24mm, dan 70mm, dan lensa ZEISS yang ada secara khusus dikalibrasi untuk ponsel ini. Tapi yang paling menarik adalah aplikasi kameranya.

penampilan Photography Pro

Di dalam smartphone ini terdapat aplikasi foto dan video maut, Photography Pro dan Cinematography Pro. Sony lagi-lagi meminjam fitur dari kamera Alpha di sini.

Secara khusus, Xperia 5 II mendukung rekaman video slow motion berkualitas 4K HDR 120fps dan bisa dibuat 5x lebih lambat bila diatur di 24fps. Sony menyebut fitur ini menjadi yang pertama di dunia untuk smartphone.

Harga dan Ketersediaan

Sony menyebutkan kalau Xperia 5 II memiliki harga sekitar $950, dan bisa dipesan mulai 29 September 2020 di wilayah Amerika. Sony juga menyediakan gaming bundle senilai $400 bila pre-order dilakukan sebelum 29 November 2020.

Sayangnya, smartphone Sony Xperia sudah tidak masuk Indonesia lagi (kalau kamu cek di situs resmi pun sudah tidak ada). Jadi, walau smartphone ini keren dan menggoda, kamu yang berminat mungkin hanya bisa gigit jari.

    %d blogger menyukai ini: