Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Spesifikasi PC Yang Paling Banyak Dipakai Main Game di Steam

photomode game laptop
Anom Penulis

Apa kamu sedang mencari tahu apa spesifikasi PC untuk game? Salah satu ukuran yang bisa jadi patokan adalah melihat spesifikasi PC yang paling banyak dipakai main game di Steam. Dengan begitu, kamu bisa mendapat gambaran pada umumnya.

Bicara soal Steam, sebenarnya kamu juga bisa melihat apa spesifikasi minimal untuk bisa memainkan game favoritmu. Kamu bisa membuat wishlist terlebih dulu, lalu cek persyaratan minimal tiap game.

popculture.id

Tapi kalau kamu ingin tahu infomasi yang lebih detil, kamu bisa cek halaman survey hardware & software Steam. Di sana kamu bisa melihat komponen PC yang paling banyak dipakai buat main game.

Di sini, kami buat ringkasannya supaya lebih sederhana.

Spesifikasi PC Game Populer di Steam

Mari kita lihat satu persatu komponen PC yang jadi standar di Steam. Mulai dari CPU, GPU, sampai kapasitas penyimpanan. Mungkin kamu akan terkejut melihat apa saja yang umum dipakai.

Tentu, yang kami lihat di sini adalah PC dengan platform Windows. Lalu yang tercantum di sini adalah survey sampai bulan Februari 2022.

Sistem Operasi

Untuk sistem operasi, Windows 10 64-bit masih menjadi yang paling populer. Jumlahnya mencapai 78,54%. Namun, tren ini nampaknya menurun. Sementara di posisi kedua ada Windows 11 64-bit dengan jumlah 16,18% dan dengan kecenderungan naik (bertambah).

CPU

Untuk CPU, Intel masih merajai penggunaan untuk main game dengan jumlah 69,06%. Versi prosesor Intel yang paling banyak dipakai adalah yang memiliki frekuensi 2.3 Ghz sampai 2.69 Ghz. Agak susah memastikan prosesor apa itu, karena rentang itu terdapat di beberapa prosesor mulai dari Intel Core i5 sampai i9 (tergantung generasinya juga).

Sementara AMD yang ada di posisi kedua, memiliki prosesor dengan frekuensi 3.3 Ghz sampai 3.69 Ghz sebagai yang paling populer.

RAM

Untuk RAM, kapasitas yang paling banyak dipakai main game adalah 16GB dengan jumlah 51,25%. Sementara di posisi kedua, RAM 8GB, memiliki jumlah 24,05%.

GPU

Nah, ini menarik. Ternyata GPU atau kartu grafis yang paling banyak dipakai buat main game di Steam adalah NVIDIA GeForce GTX 1060 dengan jumlah 7,99%. Sementara di posisi kedua ada NVIDIA GeForce GTX 1650 dengan jumlah 6,30%.

Yang tidak kalah menarik, kapasitas VRAM yang paling banyak dipakai adalah 1GB! Sementara 16GB menjadi kapasitas paling banyak dipakai kedua.

Resolusi Layar

Bagaimana dengan tampilan layar? Nah, resolusi layar yang umum dipakai untuk main game adalah 1920 x 1080 (FHD) dengan jumlah 69,21%. Resolusi lain jauh di bawah persentase itu.

Sementara untuk yang memakai multi-monitor, resolusi yang paling umum adalah 3840 x 1080. Jadi dua layar FHD. Yah, masuk akal.

Penyimpanan

Kelihatannya gamer lebih banyak berinvestasi di penyimpanan. Kapasitas yang paling populer adalah di atas 1TB dengan jumlah 52,42%. Sementara di bawahnya ada kapasitas antara 250GB sampai 499GB.

Kemudian, kebanyakan memiliki kapasitas bebas di penyimpanan sebesar 100GB sampai 249GB dan di bawahnya ada rentang antara 250GB sampai 499GB. Jadi kelihatannya memang banyak yang suka koleksi game.

Tidak Terlalu Canggih

Jadi bisa kamu lihat. Ternyata kebanyakan spesifikasi PC game di Steam tidak terlalu canggih. Bahkan mungkin sebagian besar merupakan komputer atau laptop biasa.

Sebagai contoh, laptop ASUS VivoBook Pro 14 OLED memiliki CPU sampai Intel Core i7 generasi 11, RAM sampai 16GB, GPU NVIDIA GeForce GTX 1650, SSD sampai 512GB, dan layar 14 -inci 2,8K (2880 x 1800). Laptop ini memenuhi rata-rata spesifikasi untuk main game di Steam di atas.

Nah, setelah kamu lihat ulasan di atas, saya yakin kamu kini lebih percaya diri dalam mencari komputer atau laptop untuk main game. Selamat berburu.

    %d blogger menyukai ini: