Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Apa Spesifikasi PC Yang Setara Dengan PlayStation 5?

Anom Penulis

PlayStation 5 mungkin merupakan konsol game paling populer saat ini. Tapi pernah nggak kamu berpikir apa spesifikasi PC atau laptop yang setara dengan PlayStation 5? Hm, seru ya kayaknya kalau kita bahas?

Diskusi soal konsol vs komputer sebagai sarana main game sendiri sudah berlangsung lama. Konsol sebagai satu perangkat yang dibuat khusus untuk main game dengan komputer yang punya komponen bisa kita sesuaikan dan multi fungsi (yah kalau laptop pun ada banyak pilihan spesifikasi).

popculture.id

Sehubungan dengan suksesnya PlayStation 5 sebagai konsol game, tentunya menarik melihat komputer (PC atau laptop) seperti apa yang setara dengannya. Untuk itu, kita perlu melihat jeroan PS5 sedikit lebih dekat.

Menilik Spesifikasi PlayStation 5

Harap diingat, sebagai konsol game, PlayStation 5 memiliki arsitektur komponen khusus untuk keperluan khusus pula. Jadi membandingkan spesifikasi PlayStation 5 dan periferal PC tidak bisa apple to apple. Mari kita lihat beberapa periferal utamanya.

CPU

PlayStation 5 memiliki CPU khusus dengan arsitektur Zen 2 dengan 8 cores / 16 threads dan frekuensi 3.5GHz (bervariasi). Melihat arsitektur Zen 2, kita bisa tahu kalau chip khusus itu dari AMD.

Nah, dari spesifikasi itu, mungkin prosesor yang paling dekat adalah AMD Ryzen 7 3700X. Prosesor ini juga punya 8 cores dan 16 threads dengan frekuensi 3,5GHz. Lalu prosesor itupun dibangun dengan arsitektur Zen 2.

Untuk Intel, mungkin yang mendekati adalah Intel® Core™ i7-9700K (8 cores, 8 threads, 3,6GHz) atau Intel® Core™ i9-9900K (8 core, 16 threads, 3,6GHz).

GPU

Bicara soal spesifikasi GPU antara PlayStation 5 dan PC akan lebih rumit karena pendekatan yang berbeda. Lalu pendekatan AMD dan NVIDIA pun berbeda, sehingga ada beberapa ukuran yang disederhanakan.

PlayStation 5 memiliki GPU khusus berbasis arsitektur AMD RDNA 2 dengan 36 Control Unit (CU). GPU ini memiliki performa maksimal sebesar 10,3 TFLOPS (yang diperkirakan turun jadi 9,2 TFLOPS). Lalu, GPU PS5 memiliki memori 16GB GDDR6 (shared, kemungkinan 12-14Gb untuk game, sisanya untuk operasional).

Di atas kertas, jika membandingkan performa maksimal, kita bisa membandingkannya dengan AMD RX 5700 XT dan NVIDIA GeForce RTX 2070 Super atau RTX 2080.

AMD RX 5700 XT memiliki 40 CU dan memori 8GB GDDR6 dengan puncak performa 9,75 TFLOPS. Tapi GPU ini tidak mendukung ray tracing. Sementara GeForce RTX 2070 Super punya memori 8GB GDDR6 dengan performa puncak sekitar 9,1 TFLOPS dan RTX 2080 menawarkan memori 8GB GDDR6 dengan performa 10,1 TFLOPS (Single Precision Performance via Anandtech).

Tapi pada kenyataannya, jika kamu mempertimbangkan resolusi, frame rate per second, dengan ray tracing dan termasuk output optimal dan stabil di monitor, kamu akan membutuhkan GPU dengan kemampuan lebih. Seperti AMD RX 6800 XT atau NVIDIA GeForce RTX 3070.

AMD RX 6800 XT juga memakai arsitektur RDNA2 dengan 72 CU, memori 16GB GDDR6, dan performa puncak 20,74 TFLOPS. Sementara GeForce RTX 3070 menawarkan memori 8GB GDDR6 dengan performa 20,4 TFLOPS (Single Precision Performance via Anandtech).

SSD

Lagi-lagi, untuk SSD pun akan sulit membandingkan spesifikasi penyimpanan PlayStation 5 dengan PC. PlayStation 5 memiliki 825GB NVMe khusus yang dirancang bekerja sangat efisien dengan CPU dan GPU.

Mungkin kamu bisa memilih SSD seperti Samsung 980 Pro 1 TB M.2-2280 NVME. Tapi efisiensinya belum bisa seperti rancangan khusus di PlayStation 5.

Bagaimana dengan Harga?

Hahaha, tidak perlu merinci harga satu per satu pun, kamu sudah bisa melihat kalau membeli PC atau laptop dengan spesifikasi umum di atas akan memiliki harga jauh lebih tinggi dari PlayStation 5. Lalu, bagaimana hal itu bisa masuk akal?

Pertama, seperti disebut di atas, PlayStation 5 adalah perangkat untuk kebutuhan khusus: Main game. Sedangkan dengan PC kita bisa melakukan banyak kegiatan lain, termasuk bekerja.

Kedua, konsol lebih menyandarkan keuntungan dari pembelian game, beserta layanannya (termasuk game eksklusif). Sementara di PC, kamu akan lebih sering menemukan diskon game dari berbagai penerbit. Lihat saja di Steam atau Epic Games Store.

Jadi yah, begitulah. Memang ada perbedaan signifikan antara perangkat yang dibangun khusus dengan yang lebih umum. Seperti perbandingan lain di dunia, selalu ada plus minus. Tapi paling tidak, kalau kamu tadinya penasaran, kini kamu sudah punya sedikit gambaran.

    %d blogger menyukai ini: