Spotify Umumkan ‘Spotify Kids’ untuk Lindungi Anak dari Konten Dewasa

Indri Penulis

Spotify telah mengumumkan sebuah aplikasi baru bernama ‘Spotify Kids.’ Aplikasi ini dibuat untuk melindungi anak dari konten dewasa.

Waktu dulu, anak-anak lebih banyak mendengar lagu yang sesuai dengan umur mereka. Namun hal tersebut kini telah mengalami pergeseran.

Bisa kalian lihat, anak-anak kini justru banyak mendengarkan lagu untuk orang dewasa. Kalian bisa lihat contohnya di YouTube, kini anak-anak justru lebih sering menyanyikan lagu bertema ‘cinta.’

Mungkin bagi yang tidak tahu, hal itu terlihat seperti. Tapi sebenarnya, lagu dewasa secara tidak langsung akan mengubah pola pikir anak, dan anak akan menjadi dewasa sebelum waktunya.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Spotify akhirnya merilis aplikasi streaming lagu bernama Spotify Kids. Sesuai namanya, aplikasi ini dirancang khusus untuk anak.

Sumber Gambar : Android Central

Spotify Kids Menyedikan 6.000 Lagu Anak

Spotify mengumumkan aplikasi ini melalu situs resminya. Menurut informasi dari postingan tersebut, aplikasi ini akan menawarkan pengalaman bebas iklan untuk anak.

Nah, untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna butuh Spotify Family Plan. Salah satu kegunaan Spotify Family Plan adalah untuk menangkal iklan di aplikasi anak.

Selain itu, aplikasi ini memiliki 6.000 katalog lagu. Lagu-lagu yang ada di dalamnya diisi oleh Nickelodeon, Disney, Discovery Kids, soundtrack Universal Pictures, dan beberapa penyanyi cilik.

Aplikasi ini tidak hanya menyediakan lagu untuk anak. Supaya desainnya lebih khas anak-anak, Spotify menyediakan karakter-karakter lucu yang bisa dipilih anak.

Sumber Gambar : Arabyoum

Lalu apakah Spotify Kids bisa digunakan remaja? Jawabannya adalah ya. Aplikasi ini memungkinkan kalian untuk mengatur lagu sesuai batas usia anak.

Untuk remaja, kalian cukup mematok batasan umur agak tinggi. Setelah itu, anak-anak dapat menemukan lagu yang sesuai dengan umur mereka, seperti dari Taylor Swift, Ariana Grande dan Bruno Mars.

Saat ini, Spotify Kids baru tersedia di Irlandia. Tapi Spotify mengungkapkan bahwa, mereka tetap akan meluncurkan aplikasi ini secara global.

Jika aplikasi tersebut telah sampai ke Indonesia, mungkin para orang tua bisa mengunduhnya. Sebab aplikasi ini cocok untuk melindungi anak dari lagu-lagu dewasa.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya platform streaming merilis aplikasi khusus anak. Sebelumnya, YouTube juga merilis YouTube Kids untuk melindungi anak dari konten berbau dewasa.

    %d blogger menyukai ini: