Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Steam Mobile Dengan Desain Baru Meluncur untuk Android & iOS

aplikasi steam mobile baru
Gambar: Steam
Anom Penulis

Setelah Valve mengumumkan adanya aplikasi Steam Mobile baru beberapa waktu lalu, kini aplikasi itu meluncur ke perangkat Android dan iOS. Tampilannya memang lebih segar daripada versi lama.

Aplikasi Steam yang lama memang terkenal punya tampilan yang juga tampak… lama. Jadi tidak sedikit pengguna Steam yang “menuntut” Valve untuk memperbaruinya.

Aplikasi Steam Mobile Baru

Valve mempublikasikan peluncuran aplikasi baru ini melalui laman resmi dan video YouTube. Di video itu mereka membicarakan tampilan dan fitur-fitur baru yang ada. Termasuk Steam Authenticator yang kini mendukung scan QR Code.

Fitur baru yang ada memang lebih banyak berhubungan dengan penampilannya yang baru. Namun sebagian lainnya memberikan kemudahan akses ke aplika di desktop.

Fitur Baru

  • Otentikasi 2 faktor agar login lebih aman.
  • Masuk ke aplikasi desktop dengan scan QR code dari smartphone.
  • Konfirmasi masuk akun Steam lebih sederhana dengan pilihan “Approve” atau “Deny.”
  • Otorisasi perangkat — atur akses perangkat yang berhubungan dengan akun Steam.
  • Akses lebih mudah ke Toko, Komunitas, Berita, dll.
  • Halaman koleksi game dengan akses ke konten, diskusi, dukungan, dll.
  • Download game jarak jauh dari ponsel.
  • Kustomisasi notifikasi, wishlist, jual beli, diskusi, permintaan pertemanan, dll.
  • Konfirmasi Toko dan jual beli.
  • Tampilan Toko yang lebih enak dilihat di smartphone.
  • Dukungan multi-akun di dalam aplikasi.
  • Kustomisasi tab aplikasi.

Steam Authenticator

Kamu memang masih bisa masuk ke akun Steam menggunakan kode otentikasi yang muncul di dalam aplikasi Mobile. Namun kini Steam menambahkan fitur scan QR code di dalamnya.

gambar scan qr code steam
gambar: Steam

Ketika kamu login menggunakan cara ini, aplikasi Steam akan menunjukkan informasi terkait. Termasuk peta dan informasi geolokasi perangkat yang melakukan proses masuk tersebut.

Baca Juga:  Bocoran Kamera OPPO Find X6 Series Pakai Triple-Camera 50MP

Yang tidak kalah menarik tentunya otorisasi perangkat. Kamu bisa melihat dan mengatur perangkat apa saja yang punya aplikasi Steam dengan akunmu.

Jika kamu ganti perangkat atau melihat salah satu yang mencurigakan, kamu bisa memutus hubungan (revoke) perangkat tersebut.

Kustomisasi Aplikasi

Salah satu hal lain yang menyenangkan dari aplikasi Steam Mobile baru adalah kustomisasinya yang lumayan banyak. Sebagai contoh, kamu bisa mengatur notifikasi apa saja yang akan muncul.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur halaman apa yang akan muncul di tab. Lalu halaman apa yang duduk sebagai tab utama. Misalnya kamu kurang tertarik dengan Berita, kamu bisa menggantinya dengan tampilan pustaka (koleksi game).

Akses dari Smartphone Penting

Walau Steam memang merupakan aplikasi toko dan launcher game untuk desktop, namun kehadiran aplikasi smartphone memang tidak kalah penting.

Bagaimanapun saat ini adalah eranya smartphone. Pengguna lebih sering mengikuti berita, berkomunikasi, dan berbelanja lewat ponsel.

Begitupun untuk Steam. Dengan tampilan yang lebih modern dan mudah diakses, gamer bisa terus mengikuti segala hal soal game yang ia sukai lewat ponsel. Mendapat info diskon game, membelinya, berdiskusi dengan komunitas, dll.

Jadi, bagaimana pengguna Steam, suka dengan pembaruan aplikasi mobile ini?