Sekarang Kamu Bisa Streaming dan Share Spotify di Aplikasi Facebook

Lewat kolaborasinya dengan Spotify, Facebook resmi meluncurkan miniplayer yang memungkinkan pengguna streaming Spotify lewat aplikasi biru itu.

Beberapa waktu lalu, Facebook mengumumkan kemitraan mereka dengan platform streaming musik Spotify. Keduanya akan menghadirkan cara baru untuk mendengarkan musik dan podcast langsung di aplikasi Facebook, yang disebut Project Boombox.

Kini Facebook telah resmi menghadirkan integrasi tersebut lewat pengalaman β€˜miniplayer.’ Memungkinkan pengguna streaming dan membagikan konten Spotify di aplikasi Facebook iOS atau pun Android.

Detil Tentang Fitur Streaming Spotify di Facebook

Sebenarnya, miniplayer ini merupakan pengembangan dari opsi berbagi ke media sosial yang sudah ada di aplikasi Spotify sebelumnya. Berikut ini cara meluncurkan miniplayer Spotify di Facebook.

  • Ketuk tombol β€œPlay” di lagumu, teman, anggota keluarga, atau kreator favoritmu.
  • Klik menu titik tiga di kanan atas layar.
  • Tap tombol β€œShare.”
Sumber Gambar : Variety
  • Pilihlah β€œFacebook News Feed.”
  • Ketika kamu pertama kali menggunakan miniplayer, kamu akan melihat dialog persetujuan yang muncul tiba-tiba.
  • Klik β€œConnect” di kotak dialog tersebut.

Kalau kamu sudah masuk ke Spotify, aplikasi otomatis bakal beralih dan pemutaran akan langsung dimulai dari dalam Spotify. Tapi jika kamu belum masuk, kamu akan diminta untuk melakukannya.

Itu artinya, kamu harus menginstal aplikasi Spotify di ponsel. Kalau kamu pertama kali memakai Spotify, kamu harus mendaftar lebih dulu untuk mendapatkan akun Spotify gratis, dan mendengarkan musik yang dibagikan lewat miniplayer.

Saat kamu memposting trek individu atau podcast ke Facebook lewat fitur ini, postingan di Facebook akan ditampilkan dalam sebuah miniplayer baru. Kamu atau pengguna Facebook lainnya bisa melihat postingan ini di Beranda dan dapat memutar miniplayer tersebut.

Spotify akan terus memutar lagu atau podcast, meskipun kamu terus menggulir Feed News atau meminimalkan tampilan Facebook. Walau begitu, kamu tetap punya kendali atas opsi pemutaran, yakni bisa menjeda atau menutup miniplayer.

Dilansir dari Spotify Newsroom, fitur ini akan tersedia untuk semua pengguna Spotify, baik gratisan atau Premium. Meski sama-sama bisa menikmati fitur ini, namun tetap ada perbedaan antara pengguna Spotify gratisan dan Premium.

Pelanggan Premium bisa mengakses pemutaran secara penuh. Sedangkan pengguna gratisan cuma bisa mendengarkan trek yang dibagikan dengan lengkap, bukan klipnya. Selain itu, pengguna gratisan juga akan terus mendengarkan konten yang didukung iklan dalam mode Shuffle, seperti yang biasa ada di aplikasi Spotify.

Sementara itu, fitur ini akan diluncurkan secara global ke pengguna Indonesia, Argentina, Australia, Bolivia, Brasil, Kanada, Cile, Kolombia, Kosta Rika, Republik Dominika, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Israel, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Nikaragua, Panama, Paraguay, Peru, Afrika Selatan, Thailand dan Uruguay.

%d blogger menyukai ini: