Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Inilah Fitur yang Bakal Hadir di iOS 14.5, Ada App Tracking Transparancy

Indri Penulis

iOS 14.5 akan sajikan berbagai fitur yang lebih menarik dibanding iOS 14.4, seperti App Tracking Transparancy. Lalu apa saja fitur lainnya?

Apple saat ini dikabarkan tengah memulai pengujian beta iOS 14.5. Dibanding pendahulunya iOS 14.4, iOS 14.5 kabarnya jauh lebih menarik. Apa yang membuatnya lebih menarik? Jelas karena berbagai fitur baru yang disajikan oleh iOS 14.5.

popculture.id

Jajaran Fitur Baru yang Ditawarkan iOS 14.5

App Tracking Transparancy

Inilah salah satu fitur iOS 14.5 yang cukup kontroversial akhir-akhir ini. Karena fitur inilah, Apple dan Facebook sampai bersitegang. Bahkan kabarnya Facebook sampai akan melayangkan gugatan ke Apple karena fitur ini lho.

gambar: MacRumors

Apa itu App Tracking Transparancy? Jadi ini adalah fitur yang mengharuskan aplikasi meminta izin ke pengguna iOS, jika ingin melacak aktivitas di luar aplikasi (misalnya seperti di aplikasi atau website lain).

Apple tidak memblokir praktik ini. Hanya saja, sekarang pihak pengembang aplikasi harus mendapat persetujuan dari si pengguna lebih dulu. Katanya, fitur ini dapat melindungi privasi pengguna dengan lebih baik.

Unlock with Apple Watch

Fitur ini sangat berguna di era pandemi saat ini. Karena orang wajib pakai masker dan tidak dianjurkan membukanya saat di luar ruangan, jadi pengguna iPhone kesulitan untuk membuka kunci ponselnya.

gambar: MacRumors

Tapi dengan iOS 14.5 dan watchOS 7.4, kamu bisa pakai fitur ‘Unlock with Apple Watch.’ Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan iPhone menggunakan Apple Watch yang tidak terkunci, dan terautentikasi sebagai metode autentikasi sekunder.

Namun fitur ini harus diaktifkan lebih dulu di aplikasi ‘Settings’ dengan membuka ‘Face ID & Passcode.’ Kemudian hidupkan toggleUnlock with Apple Watch.’

Dual-SIM 5G Support

gambar: MacRumors

Sebelumnya, mode Dual-SIM hanya terbatas pada LTE. Tapi di iOS 14.5, pengguna bisa menggunakan dua kartu SIM 5G sekaligus. Namun dilansir dari Macrumors, fitur ini berlaku untuk model iPhone 12.

Dukungan AirPlay 2 untuk Fitness+

iOS 14.5 akan mengaktifkan dukungan AirPlay 2 untuk Apple Fitness+. Itu artinya, pelanggan Apple Fitness+ bisa streaming latihan di smart TV atau perangkat lain yang kompatibel dengan AirPlay 2.

Dukungan Kontroller yang Lebih Luas

Dengan iOS dan iPadOS 14.5, kamu sekarang bisa menggunakan kontroler PlayStation 5 DualSense atau  Xbox Series X terbaru dengan iPhone dan iPad. Dukungan ini belum ada di iOS versi manapun lho.

Dukungan Apple Card Family

Fitur ini memungkinkan banyak orang memakai akun Apple Card yang sama. Itu artinya, semua anggota keluarga bisa berbagi satu kartu.

Pemegang akun utama Apple Card nanti bisa mengundang anggota keluarga lain, untuk memakai akun yang sama. Setiap pengeluaran anggota keluarga nantinya juga bisa dilihat di aplikasi Wallet.

Menariknya, pemegang rekening nanti bisa menetapkan batas pengeluaran. Jadi semua anggota (termasuk anak-anak) bisa memakai Apple Card sesuai porsinya saja.

Siri Emergency Calls

Fitur ini memungkinkan Siri memanggil layanan darurat. Pengguna cukup mengatakan perintah, ‘Hey Siri, call emergency.’ Yah, pengguna bisa memakai fitur ini saat berada di dalam keadaan darurat seperti kecelakaan, dll.

Pengaturan Peringatan Darurat

Di iOS versi dulu, peringatan darurat tidak akan berbunyi ketika Volume / Ringer ponsel dinonaktifkan. Tapi di iOS 14.5 berbeda.

gambar: MacRumors

Kamu bisa pergi ke ‘Settings > Notifications’ dan scroll ke bawah hingga menemukan menu ‘Emergency Allerts.’ Kemudian nonaktifkan fitur ‘Always Deliver.’ Dengan begitu peringatan untuk gempa bumi, tsunami, dll, masih akan berbunyi meski iPhone di-silence.

Nah, dari fitur-fitur yang ada di atas, mana kah fitur yang menurutmu menarik?

    %d blogger menyukai ini: