Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Teknologi Super FlashCharge Vivo Mampu Isi Baterai Ponsel Super Cepat

Gambar: Vivo
Anom Penulis

Selain kamera, perkembangan teknologi untuk ponsel yang tidak kalah menarik adalah kemampuan mengisi daya. Vivo menunjukkan kalau teknologi Super FlashCharge mereka mampu isi baterai ponsel dengan sangat cepat.

Hampir serupa dengan permasalahan di kamera, besar baterai di ponsel pun memiliki keterbatasan. Sementara salah satu hal yang banyak diminta adalah baterai smartphone lebih besar dan lebih awet. Padahal ponsel tetap tipis.

popculture.id

Kita sama-sama tahu kalau baterai ponsel habis di tengah kegiatan itu menyebalkan. Tambah menyebalkan lagi kalau proses mengisi daya berjalan lambat.

Hal inilah yang menjadi tantangan setiap produsen smartphone. Sebelum ini, Xiaomi sudah lebih dulu menunjukkan bagaimana charger 100W mereka bisa mengisi daya baterai 4000mAh hanya dalam waktu 17 menit.

Vivo meningkatkan taraf permainan lebih tinggi.

pengisian baterai ponsel vivo dengan super chargeflash
Sumber: Justin Jian | Weibo

Justin Jian, manajer produk iQOO (merk di bawah Vivo), mengunggah klip video yang menunjukkan teknologi Super FlashCharge terbaru. Video itu menunjukkan bagaimana charger 120W mampu mengisi baterai ponsel Vivo dengan super cepat.

Justin menyebutkan kalau secara teori, charger 120W bisa mengisi baterai 4000mAh dari kosong ke 50% hanya dalam waktu 5 menit. Sedangkan untuk pengisian penuh, hanya membutuhkan waktu 13 menit. Untuk perbandingan lain, ia menyebutkan bahwa dalam waktu 14 detik, teknologi ini mampu mengisi daya 2,38%.

Teknologi Super FlashCharge dari Vivo ini terlihat lebih cepat sedikit dari versi Xiaomi. Yah, maklum jumlah Watt juga lebih besar. Toh perbedaan sekitar 5 menit mungkin tidak terlalujadi masalah dalam hal ini.

Bagaimanapun, baik demo Xiaomi dan Vivo sudah menunjukkan arah teknologi fast charging baterai. Kalau kapasitas baterai ponsel memang terbatas, kecepatan pengisian daya lah yang diperbaiki. Dengan begitu, ponsel tetap selalu siap dipakai. Masuk akal.

Rumor juga menyebutkan kalau teknologi Super FlashCharge ini akan hadir bersama dengan pengumuman ponsel 5G pertama Vivo di acara MWC Shanghai pada tanggal 26 Juni 2019.

Kamu bisa melihat demo teknologi Super FlashCharge di situs Weibo.

    %d blogger menyukai ini: