Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Tab Shop Instagram Bakal ‘Didepak’ dari Beranda, Fiturnya Dihapus?

tab shop instagram
Sumber: Big Evo
Indri Penulis

Tab Shop Instagram bakal dihapus dari halaman Home selamanya. Penghapusan fitur tersebut akan dimulai pada bulan Februari 2023.

Instagram adalah salah satu raksasa media sosial yang kejayaannya masih awet sampai sekarang. Dari pertama berdiri sampai saat ini, sudah tak terhitung lagi berapa fitur yang dimiliki Instagram.

Instagram dulu mungkin cuma media sosial untuk upload foto atau video pendek. Tapi sekarang, Instagram telah berubah sebagai platform konten kreator dan bahkan ‘lapak jualan’ orang-orang.

Ngomongin soal lapak jualan Instagram, ada satu fitur yang bisa membantu pengguna melakukan jual beli di Instagram, yakni Shop. Fitur tersebut bisa kamu akses di tab Shop yang ada di halaman Home.

Sayangnya menurut kabar terbaru dari Instagram, tab Shop Instagram bakal didepak dari halaman Home. Penghapusan fitur tersebut akan dimulai pada bulan Februari 2023.

Tab Shop Instagram akan Dihapus dari Halaman Home

Jauh sebelum pengumuman resmi dirilis Instagram, sebenarnya uji coba penghapusan tab Shop sudah lebih dulu dilakukan. Proses uji coba dilakukan sejak September tahun lalu.

Waktu itu Instagram mengatakan, mereka ingin ‘menyederhanakan pengalaman Instagram’ untuk pengguna. Nah salah satunya yakni dengan menghapus tab Toko Instagram.

Sekarang menurut pengumuman Instagram, penghapusan tab Shop akan dilakukan mulai Februari 2023. Jadi mulai bulan depan, Instagram akan menghilangkan tab belanja dari bilah utama halaman Home.

tab shop instagram
Sumber: The Verge

Lalu sebagai gantinya, tombol untuk membuat postingan baru bakal dipindahkan ke bawah. Tab Reels yang kini ada di depan dan tengah bilah navigasi, nantinya bakal menggantikan tab Shop.

Pertanyaannya, apakah fitur Shop masih ada di Instagram. Masih kok. Fitur Shop akan tetap menjadi bagian dari Instagram, walaupun tanpa shortcut yang menonjol di Home Feed.

Baca Juga:  Fitur Bantuan untuk Akun Instagram Kena Hack Resmi Hadir, Ampuh Lawan Hacker!

Kalian masih bisa mengatur dan menjalankan toko di Instagram. Karena kami terus berinvestasi dalam pengalaman belanja yang memberikan nilai terbaik bagi orang dan bisnis di Feed, Story, Reels, iklan dan lainnya,” kata Instagram.

Di sisi lain, Instagram bukan satu-satunya platform media sosial yang berinvestasi pada fitur jualan. Media sosial lain seperti TikTok dan Facebook juga menjalankan strategi yang sama.

Soalnya nggak bisa dipungkiri, ‘belanja langsung dari media sosial’ memang lebih seru dan praktis. Apalagi kalau proses transaksinya bisa dilakukan langsung dari platform.

Nah kembali lagi ke Instagram, gimana pendapatmu soal dihapusnya tab Shop dari halaman Home Instagram? Kalau menurut saya sih biasa aja. Soalnya saya jarang belanja dari tab Shop.

Saya pribadi lebih suka memanfaatkan fitur Shop langsung dari halaman profil penjual. Yah walaupun biasanya fitur tersebut cuma saya manfaatkan untuk membandingkan harga produk sih. Hehehe..


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]