Microsoft Merilis Tablet Baru Surface Go Yang Lebih Kecil dan Lebih Murah

microsoft surface go lifestyle
Foto: Microsoft

Microsoft mengumumkan tablet baru Surface Go sebagai sebuah perangkat dengan harga terjangkau. Microsoft memposisikannya sebagai perangkat untuk sektor pendidikan menyaingi iPad dan Chromebook.

Lini Surface terkenal sebagai pionir di perangkat 2-in1. Melalui lini ini, Microsoft berhasil mendorong lahirnya laptop hybrid dan tablet kelas profesional. Bahkan Apple pun sampai ikut merilis iPad Pro.

Microsoft merancang tablet Surface Go ini dengan pertimbangan perangkat yang ringan, mudah dibawa, namun tetap produktif. Singkatnya versi ringan dari lini Surface Pro.

Memang semua yang terlihat di Surface Go mirip dengan bentuk Surface Pro. Tablet ini punya layar 3:2 (1800 x 1200), punya sandaran layar yang bisa diatur, punya tutup yang sekaligus jadi keyboard (dijual terpisah), mendukung stylus (Surface Pen dijual terpisah), bodinya dari magnesium dll.

microsoft surface go

Penampilan Microsoft Surface Go (Foto: Microsoft)

Hanya saja, selain menyasar sektor pendidikan, Microsoft juga ingin menarik minat mereka yang ingin punya tablet premium, namun belum punya dana cukup untuk versi Pro. Demikianlah, Surface Go hadir sebagai versi lebih kecil, 10 inci.

Selain itu, tablet ini dipersenjatai dengan prosesor Generasi ke-7 Intel Pentium Gold 4415Y. Microsoft memilih prosesor ini dengan pertimbangan performa, baterai, dan desainnya yang tanpa kipas. Surface Go memiliki pilihan RAM 4 atau 6 GB dan pilihan penyimpanan 64 atau 128 GB. Dari sisi baterai, Microsoft mengklaim bahwa tablet ini bisa bertahan sampai 9 jam.

Surface Go membawa Windows 10 S di dalamnya. Jadi hanya bisa dipakai dengan aplikasi dari Microsoft Store atau menelusuri internet dengan browser Microsoft Edge. Tapi kamu bisa upgrade ke Windows 10 full kalau mau.

Memang cukup menarik melihat perkembangan Microsoft, Windows 10, beserta perangkatnya. Setelah gagal dengan Windows 10 Mobile dan Lumia, Microsoft mengambil jalur lain untuk perangkat bergerak. Alih-alih terjun langsung ke perangkat bergerak (yang sekarang difokuskan ke Android dan iOS), mereka berusaha tetap membawa tingkat produktivitas desktop ke perangkat yang lebih kecil.

Tapi tentu saja proses itu masih harus dibuktikan. Walau saat ini tablet kurang populer, bukan hanya Microsoft yang merilis produk baru. Samsung pun disebut akan merilis tablet Galaxy Tab S4. Belum lagi kalau kita bicara iPad, sang raja tablet.

Microsoft menyebutkan kalau tablet Surface Pro sudah mulai bisa dipesan pada tanggal 10 Juli di Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Irlandia, Perancis, Jerman, Austria, Belgia, Luxemburg, Belanda, Swiss, Denmark, Norwegia, Swedia, Polandia, Italia, Portugal, dan Spanyol. Negara yang akan menyusul adalah Jepang Singapura, Korea, Malaysia, Taiwan, Thailand, Hong Kong dan Cina.

Microsoft membandrol harga tablet Surface Go mulai dari $399. Akankah Microsoft berhasil dengan perangkat ini? Kita lihat saja.

Sumber: Blog Windows

Ada komentar?