Opini: Microsoft Hentikan Produksi Lumia Sejak Lama

Microsoft Hentikan Produksi Lumia Sejak Lama ?
Microsoft Hentikan Produksi Lumia Sejak Lama ?

Siapa yang tidak tahu dengan ponsel Lumia, berusaha bersaing dengan ponsel android lainnya Lumia sudah diproduksi sejak 3 tahun yang lalu. Peminatnya pun adalah mereka yang berharap Lumia bisa mengembalikan kepuasan ketika mereka menggunakan ponsel Nokia lama. Dengan kualitas baterai yang tahan lama dan ponsel yang tahan banting, sayangnya Lumia tidak bisa mewujudkan hal tersebut.

Microsoft hentikan produksi Lumia
Microsoft hentikan produksi Lumia

Sebagai produsennya, Microsoft tengah berupaya untuk memproduksi nokia Android, dimana perusahaan Nokia memang sudah diakuisisi sejak lama. Berharap produksi ponse android bisa merajai pasar layaknya Apple dan juga Android seperti Samsung. Namun diusut kembali berdasarkan target penjualan, sepertinya Microsoft tengah mengalami masalah.

 

Sebelumnya muncul isu mengenai microsoft, sekitar tahun 2016 dimana perusahaan raksasa tersebut mencanangkan untuk mengurangi produksi Lumia dan akan meninjau setelah dua tahun kemudian. Berdasarkan datanya, Microsoft mengumumkan restrukturisasi dibarengi dengan ‘tidak meneruskan kontrak kerja’ 1850 pekerja divisi hardware serta melakukan penghapusan atau write off pada akuisis Nokia sebesar USD 7,6 miliar.

Microsoft Hentikan Produksi Lumia Sejak Lama ?
Microsoft Hentikan Produksi Lumia Sejak Lama ?

Bocoran white off ini menyebabkan investasi menurun dan menunjukan beberapa fakta yang diberikan oleh Microsoft, apa saja ?

  1. Microsoft sudah tidak memproduksi windows phone lagi ataupun Lumia. Bahkan di tahun 2018 dihentikan produksi dan pendistribusiannya ke pasar karena menambah biaya produksi tanpa keuntungan
  2. Untuk anda pengguna windows phone maka tidak akan berhenti bekerja, anda tetap bisa menikmati support dalam jangka panjang dan perangkat yang mendukung
  3. Perusahaan yang terkenal dengan produk OS Windowsnya dikatakan bakal beralih menggunakan brand baru, namun belum jelas.
  4. Untuk developer, kejadian ini tidak terlalu berdampak mengingat sistem UWP Microsoft memungkinkan developer dengan satu akun dan satu kali penulisan kode.

Dengan adanya fakta ini membuktikan bahwa memang seri smartphone dari microsoft memang tak kunjung berhasil di pasaran, terutama karena saingan yang memiliki kecanggihan jauh diatas lumia. Berdasarkan data kuartal ketiga tahun fiskal 2016 yang dirilis menunjukan bahwa penjualan ponsel Lumia dan berbasis windows phone jauh menurun.

Awalnya penjualan menargetkan hingga 4.5 juta unit yang terjual namun faktanya hanya 2.3 juta unit saja dan itupun melalui banyak promosi yang dilakukan oleh microsoft. Microsoft Mengumumkan Windows 10 dan terus mengupgradenya namun tidak bisa dilakukan pada Lumia walaupun sudah diperbaiki dan ditambah menjadi lebih canggih.

Tidak hanya mengonfirmasikan bahwa Windows Phone telah tamat, Belfiore juga menyebut bahwa Joe Belfiore, Eksekutif Microsoft bahkan menggunakan Samsung dan Iphone ketika Microsoft mengalami masa cuti. Sehingga ia bisa mereview dan tahu seperti apa ponsel dari saingannya. Aplikasi Windows Phone dari Microsoft Garage salah satu contoh produk yang bagus dan berhasil, namun bagaimana dengan ponsel ?

Microsoft Hentikan Produksi Lumia Sejak Lama ?
Microsoft Hentikan Produksi Lumia Sejak Lama ?

Microsoft sendiri membayarkan dana kepada pengembang untuk bisa menciptakan aplikasi populer untuk platform Windows Phone. Sayangnya aplikasi tersebut tidak pernah dirilis karena penjualan rendah.

Kelemahan lain yang timbul dari windows phone adalah ketatnya kerjasama dengan vendor atau pengembang lain. sebagai contoh BBM ketika masanya jaya, Windows phone banyak memangkas fitur BBM yang membuat para pengguna merasa tidak nyaman. Karena tidak memiliki fitur sebagus ponsel Android dan juga Apple.

Selain itu berbicara mengenai Lumia, anda bisa saja mengambil foto dengan Lumia. Seperti halnya 5 Tips Foto Low Light Dengan Lumia atau  Foto Macro Nokia Lumia yang hasilnya tidak buruk. Namun, kamera ponsel lain selalu berkembang menjadi lebih baik dan akhirnya berpengaruh pada penjualan Lumia sendiri.

 

    %d blogger menyukai ini: