Tampilan dan Fitur Baru YouTube Desktop dan Tablet

tampilan baru youtube desktop 2019

YouTube untuk desktop dan tablet memiliki fitur dan tampilan baru. Perubahan ini bertujuan agar pengguna bisa menonton dengan lebih baik dan sesuai dengan minat mereka.

Tampilan baru tersebut akan hadir di halaman utama YouTube. Sedangkan beberapa fitur baru, akan hadir sebagai pilihan di tiap video. Update ini mulai bergulir untuk YouTube di desktop (via browser) dan aplikasi Android / iOS YouTube untuk tablet.

Ukuran Gambar Lebih Besar

thumbnail youtube lebih besar
Thumbnail lebih besar

Tampilan baru halaman utama YouTube menyajikan kotak gambar lebih besar dari sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa melihat sekilas video yang ada lebih baik. Selain itu, YouTube juga menampilkan ikon dari channel video bersangkutan. Sehingga kamu bisa langsung mengenali siapa pembuat video bersangkutan.

Masukkan Daftar Tunggu

add to queue youtube 2019
Add to queue

YouTube menambahkan fitur baru yang berguna bagi kamu yang hobi nonton secara maraton. Fitur itu adalah memasukkan video dalam daftar tunggu (Add to queue). Saat kamu menonton video, kamu bisa menambahkan beberapa video lain ke dalam daftar tunggu tanpa mengganggu apa yang kamu lihat. Sehingga video yang masuk akan tampil berurutan setelah video yang kamu tonton selesai.

Saat ini, daftar tunggu tersebut tidak akan tersimpan kalau kamu menutup jendela browser. Kalau kamu tetap berminat menonton video itu setelah menutup browser, kamu bisa memakai fitur ‘Watch Later’.

Jangan Rekomendasikan Video

youtube dont recommend channel
Don’t recommend channel

Kita tahu kalau YouTube sering agresif dalam merekomendasikan video atau channel. Kadang rekomendasi ini malah menjadi gangguan. Sekarang YouTube menambahkan tombol ‘Jangan rekomendasikan channel‘ di menu pilihan video. Dengan begitu, kalau kamu tidak suka channel tertentu, kamu bisa menghilangkannya dari daftar rekomendasi YouTube.

Fitur ini sebelumnya sudah hadir di aplikasi YouTube untuk smartphone Android dan iPhone. Sekarang kamu bisa menggunakannya di desktop dan tablet.