Tanggapan Mark Zuckerberg Atas Kritik Tentang Dominasi Facebook

Setelah Chris Hughes memberi kritik untuk melepas Whatsapp dan Instagram, akhirnya Mark Zuckerberg pun memberi tanggapan.

Chris Hughes melontarkan berbagai kritik dengan inti agar perusahaan Facebook dipecah menjadi 3 bagian. Chris menganggap Facebook terlalu dominan dengan memegang kendali penuh atas platform-platform lainnya.

Dalam kritikannya tersebut, Chris Hughes menyebutkan bahwa kekuasan Zuck di bisnis media sosial terlalu besar. Apalagi ditambah dengan adanya skandal privasi, insiden Cambridge Analytica, hingga banyaknya berita hoax yang mempengaruhi pemilu.

Sumber Gambar : Inet Detik

Hughes tetap bersikeras agar Facebook, Instagram, dan Whatsapp dipisah menjadi tiga perusahaan terpisah. Namun kritikan dari Chris Hughes tersebut rupanya tidak sejalan dengan pendapat Mark Zuckerberg.

Mark Zuckerberg menolak mentah-mentah kritik dari mantan rekan kuliahnya di Harvard tersebut. Padahal mereka bersama-sama ikut andil dalam membesarkan perusahaan Facebook. Pendapat Zuck justru bertolak belakang dari kritikan Chris.

Menurut Zuck, semakin besar skala Facebook, maka akan semakin besar pula manfaat yang diberikan. Zuck mengatakan bahwa apa yang disarankan rekannya tersebut justru tidak akan membantu dalam hal apapun.

Sumber Gambar : TechRepublic

“Jika yang Anda khawatirkan adalah soal demokrasi dan pemilu, justru Anda ingin perusahaan seperti kami menginvestasikan miliaran dolar per tahun guna membuat tool canggih untuk melawan campur tangan pemilu,” tuturnya.

“Anggaran keamanan kami tahun ini lebih besar dari seluruh pendapatan perusahaan ketika kami mulai berjualan saham pada awal dekade ini. Kebanyakan karena kami bisa membangun bisnis sukses yang dapat mendukung hal itu,” tambah Zuck dalam pendapatnya.

Memang bagaimanapun, Mark Zuckerberg adalah satu-satunya orang yang berhak mengambil keputusan untuk memecah atau tidaknya perusahaan Facebook. Menerima maupun menolak kritik juga hak dari Mark.

Walau di sisi lain, hal itu juga menunjukkan kalau pencapat Chris Hughes ada benarnya. Bukankah begitu?

More Stories
format teks whatsapp
Cara Membuat Tulisan di WhatsApp Bervariasi (Tebal, Miring, dll)