Bukan di Smartphone, Samsung Goda Penggemar dengan Kamera Bawah Layar Pertama

Samsung menggoda penggemar dengan video kamera bawah layar layar. Eits, tunggu dulu. Tapi kamera ini bukan untuk dipakai smartphone lho.

Teknologi kamera di bawah layar akhir-akhir ini makin populer. Teknologi ini awalnya dicetuskan pertama kali oleh ZTE lewat smartphone-nya ZTE Axon 20 5G. Dia adalah ponsel pertama di dunia dengan kamera di bawah layar.

Menyusul ZTE, Samsung juga pernah digosipkan menggarap teknologi kamera di bawah layar. Tidak hanya sampai di situ, kabarnya ponsel dengan kamera di bawah layar bakal hadir tahun ini.

Kamera Bawah Layar Samsung Sudah di Depan Mata

Hingga kini Samsung memang belum merinci tentang teknologi kamera di bawah layarnya. Namun baru-baru ini Samsung Display telah memposting sebuah video misterius di Weibo.

Video tersebut menampilkan panel OLED dengan kamera selfie yang ada di bawah layar. Tapi seperti nampak di video, teknologi ini tidak dipakai untuk smartphone. Teknologi ini akan dipakai ke produk notebook lebih dulu.

Seperti yang diungkapkan oleh video di atas, teknologi ini memungkinkan notebook Samsung punya ‘layar hampir bebas bezel’ dengan rasio screen-to-body 93%. Panel notebook juga sangat tipis yakni hanya 1mm dengan berat 130g.

Samsung Display belum membagikan rincian lebih lanjut tentang teknologi tersebut. Jadi belum jelas, apakah notebook pertama dengan layar Samsung ‘Blade Bezel’ akan tiba akhir tahun ini atau tidak.

Lalu apakah perusahaan tidak berniat meluncurkan ponsel dengan kamera di bawah layar seperti yang lain?

Rumornya, perusahaan akan mengeluarkan ponsel dengan kamera di bawah layar. Ponsel ini diprediksi adalah Galaxy Z Fold 3 yang akan rilis paruh kedua tahun ini. Benar atau tidaknya kabar itu, kita hanya bisa menunggu informasi resmi dari perusahaan.

%d blogger menyukai ini: