Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Teknologi Baterai Xiaomi di 2022, “Baterai Lebih Kecil, Daya Lebih Besar”

Indri Penulis

Xiaomi telah mengumumkan teknologi baterai yang akan mereka hadirkan di tahun 2022. Baca di sini buat tahu gimana teknologi barunya itu.

Pengumuman tersebut diumumkan Xiaomi di akun resmi Weibo mereka. Dalam pengumumannya, Xiaomi mengatakan kalau mereka telah berhasil menciptakan terobosan baru dalam teknologi baterai smartphone-nya.

Teknologi tersebut disebut-sebut mampu meningkat kapasitas baterai hingga 10%, sambil tetap menjaga agar ukuran baterai tetap sama. Itu arinya, pencetus charger 200W ini akan bisa memasukkan lebih banyak daya ke dalam ukuran baterai yang lebih kecil.

Untuk mendapatkan hasil cemerlang itu, Xiaomi meningkatkan kandungan silikon elektroda dan membuat perubahan pada kemasan baterai, yakni dengan mengecilkan dan memutar sirkuit kontrol. Hasilnya, sirkuit kontrol baterai di bagian atas akan terlihat tipis (bukan menonjol seperti baterai yang ada saat ini).

Teknologi Baterai Terbaru Xiaomi yang Lebih Ringkas (Sebelah Kanan) – Sumber: Weibo/Xiaomi

Dengan memanfaatkan teknologi anyar ini, Xiaomi disebut-sebut bisa menempatkan daya 4400mAh ke dalam ruang yang biasanya dipakai untuk baterai berukuran 4000mAh.

Teknologi anyar ini tentu akan menjadi solusi yang bagus untuk membuat bodi ponsel agar lebih ringkas. Karena baterainya lebih kecil, bagian jeroan ponsel otomatis bakal lebih longgar.

Nggak cuma itu, baterai Xiaomi di tahun 2022 juga akan dibekali โ€˜fuel gauge chip.โ€™ Teknologi ini nggak cuma membuat baterai lebih awet, tapi juga membuatnya lebih aman (nggak mudah panas atau bahkan meledak). Dukungan ini juga memungkinkan ponsel Xiaomi bisa mengisi baterai semalaman dengan aman.

Sumber : Weibo/Xiaomi

Kemampuan tersebut tentu cocok banget buat kamu yang sering me-charge baterai ponsel di malam hari, lalu membiarkannya sampai pagi.

Kalau ponsel biasa, pasti baterainya sudah menggelembung. Tapi kalau ponsel Xiaomi dengan dukungan fuel gauge chip, maka baterai akan tetap aman dan sehat. Menariknya, dia juga bakal otomatis berhenti mengisi saat daya sudah mencapai 100%.

Lalu kapan teknologi hadir di smartphone? Tenang, kamu nggak perlu menunggu waktu lama. Sebab Xiaomi bilang kalau teknologi ini akan hadir di tahun 2022. Proses produksinya akan dimulai di Q2 tahun depan.

    %d blogger menyukai ini: