Xiaomi Tunjukkan Isi Baterai 100% Dalam 8 Menit Dengan Charger 200W

xiaomi 200w charging

Teknologi pengisian daya baterai memang berkembang pesat. Lihat saja Xiaomi yang menunjukkan proses isi baterai sampai 100% hanya dalam waktu 8 menit, dengan charger 200W mereka.

Xiaomi termasuk perusahaan yang cukup ambisisus dalam urusan fast charging. Sebelum ini mereka sudah mengumumkan pengisi daya 100W dan 120W.

Lalu tidak hanya soal kecepatan saja. Xiaomi juga melakukan inovasi dalam cara pengisian daya. Seperti pengisian daya jarak jauh lewat teaser Mi Air Charge yang pernah mereka tunjukkan.

Kini Xiaomi menunjukkan lompatan kecepatan pengisian daya selanjutnya.

Xiaomi menunjukkan proses pengisian daya ponsel Mi 11 Pro yang dimodifikasi dan charger 200W. Pengisian baterai 4000mAh dengan kabel, bisa dilakukan dari nol sampai 50% dalam waktu 3 menit, dan 100% dalam waktu 8 menit.

Sementara secara nirkabel (wireless) bisa mencapai 10% dalam waktu 10 menit, 50% dalam waktu 7 menit, dan 100% dalam waktu 15 menit.

Tentu pengisian dalam waktu sesingkat itu akan menyenangkan. Kita tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya. Keuntungan lainnya, kapasitas baterai pun tidak perlu besar, sehingga ponsel bisa lebih tipis atau memiliki fitur lain di dalamnya.

Di sisi lain, Xiaomi tidak memberitahu bagaimana efek pengisian daya super cepat itu pada keawetan baterai. Bisa kita bayangkan siklus pengisian dayanya pun akan berlangsung cepat. Yang pada akhirnya berpotensi mempercepat usia baterai itu sendiri.

Mungkin itu juga sebabnya kenapa walau banyak yang menunjukkan pengisian super cepat di ponsel, teknologi itu belum benar-benar dipakai di ponsel saat ini.

Yah, paling tidak kita sudah bisa melihat kemungkinan perkembangan teknologi itu ke depan. Kita juga bisa bersiap memilih nantinya. Mau yang bisa isi cepat tapi ganti ponsel juga cepat, atau mengisi lebih lambat tapi ponsel lebih awet.

%d blogger menyukai ini: