Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

4 Teknologi di Film atau Game yang Belum Pernah Kamu Temui di Kehidupan Nyata

Kalian pasti tahu kan jika banyak sekali teknologi yang terinsprasi dari film-film fiksi ilmiah maupun dari video game.

Namun dibalik itu semua, ternyata tak sedikit pula teknologi dari film maupun video game yang tidak bisa terwujud hingga sekarang.

popculture.id

Banyak sekali alasan yang menjadi dasar kegagalan dari inovasi tersebut. Mulai dari tidak masuk akalnya konsep hingga kendala-kendala lain yang belum ditemukan solusinya.

Jadi mau tak mau kita hanya bisa melihat teknologi-teknologi tersebut didalam film maupun game saja.

Dan inilah beberapa daftar teknologi yang belum pernah kita temui di kehidupan nyata.

Robot raksasa

Sumber Gambar : Sooperboy

Apakah kamu sudah pernah melihat gambar robot Gundam atau Patlabor yang dibuat dengan ukuran 1: 1? Nah, itu adalah bukti bahwa para ilmuwan sedang mengembangkan robot berukuran raksaa yang bisa dikendari manusia.

Namun sampai saat ini, robot-robot tersebut masih dalam desain prototype. Hal ini karena para ilmuwan masih memiliki kendala dengan adanya guncangan saat mengendari robot tersebut, hingga membuat si pengendara robot mual-mual.

Sepertinya dalam kurun waktu 10 hingga 20 tahun kedepan, inovasi robot raksasa ni masih belum bisa digunakan sepenuhnya. Belum ada kejelasan kapan robot raksasa tersebut akan siap digunakan.

Baju pelindung bertenaga

Sumber Gambar : entertainment.kompas.com

Kamu pasti pernah kan membayangkan untuk memakai kostum Iron Man seperti di dilm-film Avengers? Pasti hal tersebut akan terlihat sangat keren.

Yaitu memiliki baju berlapis baja, dilengkapi dengan berbagai macam senjata, dan dapat digunakan terbang. Menggunakan baju semacam itu pasti menjadi idaman sebagian orang.

Pada saat ini, pihak militer mulai mengembangkan konsep tersebut untuk diwujudkan di dunia nyata.

Namun apakah kamu tahu jika mereka mengalami masalah? Permasalahan yang belum bisa terpecahkan sampai sekarang adalah perihal suhu udara.

Di dalam baju yang terbuat dari baja tersebut tentu sangatlah panas sekali, hingga yang mengenakannya tak akan betah berlama-lama. Dan inilah inovasi sebenarnya yang harus dicari para ilmuwan.

Lightsaber

Sumber Gambar : BGR.com

Salah satu sumber melaporkan bahwa pada tahun 2013 kemarin, terdapat sekelompok ilmuwan yang berhasil menemukan photon, yaitu laser yang digunakan untuk lightsaber.

Namun sebagai partikel cahaya, temuan photon ini ternyata masih memiliki kendala. Kendalanya adalah, photon tidak bisa dibentuk menjadi sesuatu yang padat.

Yang mana setiap sebuah photon bersentuhan dengan photon yang lainnya, keduanya hanya akan saling tembus, tidak akan berbenturan layaknya lightsaber yang ada di film-film.

Jadi untuk sekarang kita hanya bisa merasakan lightsaber yang dibuat dari lampu neon berwarna, karena belum ada lightsaber yang sungguhan.

Teknologi nano

Sumber Gambar : Arfa Eka Autama

Apakah kamu pernah bermain game Metal Gear Solid 4? Jika iya, pasti kamu tahu bahwa Snake menggunakan nanotechnology.

Teknologi nano adalah sebuah teknologi robot atau artificial intelligence (AI) yang berukuran sangat kecil sampai ke level nano.

Karena ukurannya yang sudah setara sel tersebut, teknologi ini dibayangkan dapat digunakan sebagai kulit kedua yang dapat berubah warna sendiri dan dapat menyembuhkan diri sendiri.

Teknologi nano memang sudah ada di kehidupan nyata dan sedang dikembangkan. Rancangan awalnya, banyak diterapkan dalam dunia kesehatan.

Di mana teknologi nano ini digunakan untuk melihat sekaligus memperbaiki luka-luka yang ada di organ dalam. Namun hal tersebut belum sampai ke tahap produksi masal yang bisa membuatnya berubah ke berbagai bentuk yang lebih bermanfaat lagi.

Nah itulah beberapa teknologi yang masih belum bisa diwujudkan di dunia nyata. Menurutmu dari beberapa teknologi diatas, teknologi mana yang akan tercipta sempurna nantinya?

    %d blogger menyukai ini: