Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

10 Teknologi Unik Masa Depan yang Bakal Bisa Ubah Dunia

Indri Penulis

Teknologi tidak hanya canggih, namun ada pula yang unik. Seperti beberapa teknologi unik masa depan berikut ini yang diklaim bisa mengubah dunia.

Bicara tentang teknologi memang tidak ada habisnya. Kalau tidak ada bantuan teknologi, mungkin kita masih hidup di era kuno. Berbagai aktivitas pun tidak akan gampang seperti sekarang.

Sementara itu, setiap saat manusia bereksperimen menciptakan teknologi baru. Ada yang berhasil menciptakan teknologi sederhana namun bermanfaat, ada yang canggih, namun ada pula teknologi yang unik.

Nah, kali ini saya akan bahsa berbagai teknologi masa depan yang unik. Walau pun unik, namun teknologi-teknologi ini digadang-gadang akan bisa mengubah dunia lho.

Jajaran Teknologi Masa Depan yang Unik

Internet untuk Semua Orang

Sumber Gambar : Science Focus

Hanya setengah dari seluruh penduduk Bumi yang bisa mengakses internet. Karena itu, perusahaan Hyber berinovasi dengan meluncurkan jaringan mikrosatelit seukuran kotak sepatu, ke orbit Bumi yang rendah.

Saat terbang, mikrosatelit ini akan otomatis mengaktifkan modem yang tertancap di komputer. Setelah itu, dia akan mengirimkan data internet ke kalian.

Kini satelit tersebut mengorbit Bumi 16 kali sehari. Satelit ini telah dipakai organisasi seperti The British Antartic Survey untuk menyediakan akses internet ke wilayah super ekstrem di Bumi. WOW!

Anjing Pemandu Robotik

Seorang siswa dari Loughborough University berhasil menciptakan ‘anjing pemandu robotik’ bernama Thea. Walau namanya anjing robotik, tapi alat ini tidak mirip anjing, seperti robot Spot buatan Boston Dynamics.

Thea dibuat untuk mengadopsi fungsi anjing. Robot ini dirancang unik membantu orang tunanetra yang tidak bisa memelihara hewan sungguhan.

Alat ini dibekali banyak teknologi canggih. Seperti Control Moment Gyroscope (GMC). Teknologi ini bisa menggerakkan tangan pengguna dan menuntun mereka. Fungsinya, mirip seperti saat pengguna memegang tali pengikat anjing.

Selanjutnya, alat ini bisa memantau kondisi lalu lintas dan cuaca. Hebatnya lagi, Thea juga bisa memandu pengguna agar sampai ke tempat tujuan dengan aman.

Kaos Pemantau Jantung

Kaos Pemantau Jantung
Sumber Gambar : Science Focus

Smartwatch dengan fitur pemantau jantung, sudah biasa. Sekarang ini ada kaos yang bisa memantau detak jantung. Kaos yang dibuat perusaan KYMIRA ini memakai EKG timbal tunggal yang dicetak ke kain.

Karena itulah, kaos ini punya kemampuan untuk mengukur detak jantung. Pengukuran pun dilakukan secara akurat. Bahkan, kaos ini bisa mengunggah hasilnya ke cloud via Bluetooth.

Smartwatch Bertenaga Keringat

Mayoritas smartwatch pasti memakai baterai sebagai sumber daya. Namun smartwatch buatan Insinyur Glasgow University ini justru memakai keringan sebagai pengganti baterai smartwatch.

Smartwatch Tenaga Keringat
Sumber Gambar ; Science Focue

Alat ini bekerja dengan kain polyester selulosa yang ditaruh dalam lapisan tipis polimer. Kain ini berfungsi sebagai elektroda superkapasitor.

Saat kain menyerap keringat, ion positif dan negatif keringat akan berinteraksi dengan permukaan polimer. Lalu menciptakan reaksi elektrokimia yang menghasilkan energi.

Daya smartwatch bisa terisi penuh hanya dengan 20 mikroliter cairan keringat. Kapasitas tersebut diklaim cukup kuat untuk bertahan di 4.000 jenis keadaan lingkungan.

Pemadam Kebakaran Via ‘Suara’

Kebakaran hutan di masa depan akan bisa dipadamkan dengan suara lho. Jadi nanti akan ada drone yang mengarahkan suara keras ke pepohonan yang ada di bawah.

Karena suara terdiri dari gelombang tekanan, maka suara bisa dipakai untuk mengganggu udara di sekitar api. Suara akan memutus suplai oksigen ke sumber api, dan api pun akan mati seketika. Wah, bisa jadi alternatif untuk menghemat air nih.

Ilmuwan AI

Tufts University di Massachusetts berhasil menciptakan ilmuwan AI. Awalnya Ilmuwan di sana ingin tahu rahasia di balik misteri regenerasi cacing pipih.

Jadi mereka memasukkan ratusan kode AI ke dalam sebuah mesin. Nah, mesin itu lalu melakukan ratusan kali uji coba dan menganalisis hasil penelitian. Hasilnya dalam waktu 42 jam, ilmuwan telah mengetahui misteri di balik regenerasi cacing pipih.

Jarum Pintar Pendeteksi Kanker

Sumber Gambar : Science Focus

Jarum pintar ini dikembangkan oleh para ilmuwan di Inggris. Jarum ini diklaim mampu mempercepat waktu deteksi dan diagnosis kanker. Selama ini menunggu hasil diagnosa kanker butuh waktu lama.

Jarum ini memakai teknik spektroskopi Raman untuk menyinarkan laser berdaya rendah ke tubuh pasien. Lalu hasil diagnosis akan keluar dalam hitungan detik.

Label Makanan Pintar

Alat bernama ‘Bump Mark’ ini bakal mendeteksi makanan yang masih layak makan atau tidak. Saat disentuh, alat ini terasa halus. Namun permukaannya akan bergelombang jika ada makanan busuk di atasnya.

Hasil yang ditampilkan Bump Mark sangat akurat. Bahkan saking akuratnya, hasil yang ditampilkan alat ini jauh lebih akurat dibanding tanggal kadaluarsa yang ada di kemasan makanan lho.

Penghapus Tato Bebas Sakit

Menghapus tato terkenal dengan rasa sakitnya yang tiada tara. Tapi mahasiswa PhP Alec Falkenham di AS ini menemukan cara baru menghapus tato tanpa rasa sakit.

Mahasiswa ini menciptakan krim yang akan mengantar obat bernama ‘makrofag’ ke sel darah putih. Setelah itu, sel darah putih akan melepaskan tinta yang mereka ambil untuk melindungi kulit saat ditato. Tato pun akan hilang dengan sendirinya.

Batu Bata Penyimpan Energi

Sumber Gambar : Science Focus

Ilmuwan telah menemukan cara untuk menyimpan energi pada batu bata merah yang digunakan untuk membangun rumah. Mereka mengubah batu bata merah menjadi ‘batu bata pintar’ yang dapat menyimpan energi seperti baterai.

Ilmuwan mengatakan, rumah yang dibangun dengan batu bata ini akan menyimpan jauh lebih banyak energi. Bahkan pemilik rumah bisa mengisi ulang daya batu bata ‘ratusan ribu kali’ dalam waktu satu jam saja.