TikTok Uji Video dengan Durasi 3 Menit, Lebih Panjang dari Biasanya

TikTok merupakan salah satu aplikasi media sosial berbasis video pendek paling populer saat ini. Nampaknya TikTok ingin melebarkan sayapnya dengan menambah variasi konten dengan memberikan video dengan durasi lebih panjang, yaitu selama 3 menit.

Durasi video sepanjang 1 menit menjadi standar setelah format story menjadi populer. Durasi 60 detik itu memang sangat cocok untuk kita nikmati dengan cepat, tanpa menguras waktu. Bandingkan saja dengan video YouTube yang kini memiliki durasi panjang.

Dengan resep tersendiri, yang dibantu dengan akuisisi aplikasi Musically, TikTok masuk ke kancah media sosial. Suka tidak suka, resep itu berhasil dan TikTok menjadi jawara.

Matt Navarra dari The Next Web menemukan kalau TikTok saat ini sedang melakukan uji coba untuk video dengan durasi 3 menit. Ia mengunggah pemberitahuan dari aplikasi TikTok itu ke Twitter.

Sebenarnya, sebagai platform video pendek, TikTok bukan yang pertama ingin punya konten lebih lama. Instagram sebelum ini sudah memiliki IGTV untuk konten video di atas 1 menit, yang membuatnya bersaing dengan YouTube.

Uji video berdurasi lebih panjang ini cukup menarik. Karena pada dasarnya akan memberikan konten yang lebih bervariasi. Para kreator pun bisa memuat konten lebih kreatif.

Tantangannya tentu saja ada di para penonton yang sudah terbiasa melihat video pendek. Kalau konten yang ada di video 3 menit itu tidak menarik, dengan mudah mereka beralih ke video lain, sebelum selesai. Pada akhirnya ya sama saja. Kurang berguna.

%d blogger menyukai ini: