Lakukan 4 Hal Ini Supaya Aman Ketika Membuka Deep Web

DEEP_WEB

Pesatnya perkembangan internet saat ini, menjadikan manusia dengan dunia internet hampir tidak ada batasan. Bila dibanding dulu, saat ini orang sangat mudah mengakses internet.

Ada banyak hal yang bisa didapatkan ketika mengakses internet. Baik sekedar mencari hiburan, informasi, materi untuk tugas, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, internet memang bisa memberi banyak manfaat bagi manusia.

Namun selain memberikan beragam manfaat, sebenarnya internet mempunyai sisi lain yang belum banyak diketahui oleh manusia. Sisi lain dari dunia internet biasa disebut dengan Deep Web.

Saat ini, warganet mungkin tidak asing dengan istilah Deep Web atau Dark Net. Deep Web merupakan sisi lain dari dunia internet yang tidak diketahui oleh manusia.

Ada banyak cerita menyeramkan dibalik Deep Web. Seperti Deep Web dijadikan sebagai tempat hacker ganas, banyak situs terlarang di dalamnya, dan hal menyeramkan lainnya.

Lalu, apa selama ini kalian sudah pernah membuka Deep Web? Apabila belum, cobalah masuk ke dalam Deep Web dengan menggunakan cara aman berikut ini.

Sumber Gambar : Coub

Deep Web diyakini sebagai sarang kriminal cyber. Selain itu, tidak sembarang orang yang dapat mengakses Deep Web.

Berikut kami telah merangkum 4 cara aman untuk masuk Deep Web. Hal ini berguna agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan. Tips aman masuk Deep Web antara lain:

Tutup Kamera

Pada saat kalian membuka Deep Web melalui laptop maupun smartphone, pastikan jangan lupa untuk menutup semua kamera. Kamera dapat ditutup dengan menggunakan lakban hitam.

Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Sebab menutup kamera bertujuan untuk menjaga privasi kalian. Saat ini ada banyak hacker maupun panjahat cyber ada dalam Deep Web.

Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan mereka akan mengumpulkan segala informasi pengunjung Deep Web. Salah satunya dengan merekam video maupun wajah lewat akses kamera smartphone maupun laptop.

Aktifkan VPN

Disadari atau tidak, sebenarnya VPN memegang peranan besar untuk mengamankan semua data laptop maupun smartphone.

Karena bila VPN diaktifkan, maka alamat IP maupun lokasi kalian membuka Deep Web akan disamarkan. Dengan begitu, penjahat cyber dalam Deep Web yang berniat mencuri data dari internet, akan terkecoh oleh keberadaan VPN.

BACA JUGA
Jangan Akses Deep Web Sebelum Kalian Paham Betul Bahayanya!

Pastikan Seperti Apa Situs yang Akan Dikunjungi

Kabarnya, saat ini Deep Web sudah menjadi lebih luas, dan lebih dalam dari permukaan website yang biasa dikunjungi.

Karena begitu dalamnya Deep Web, tidak menutup kemungkinan pengunjung akan terjerat oleh iming-iming konten yang ada dalam Deep Web.

Oleh sebab itu, apabila kalian ingin menghabiskan waktu untuk berselancar dalam Deep Web, atau sekedar mencari hal tidak penting di dalamnya, buatlah terlebih dahulu daftar situs yang ingin dikunjungi.

Yang perlu diperhatikan adalah, jangan pernah mencoba mengunjungi Deep Web secara acak. Karena hal tersebut akan dapat memancing hacker mengintai kalian.

Internet Harus Kencang

Mungkin sebagian orang menganggap bila koneksi internet yang cepat tidak terlalu penting dalam hal ini. Namun tanpa jaringan Tor, tentu Deep Web mustahil bisa dibuka.

Nah, supaya bisa membuka Deep Web dengan nyaman, pastikan kalian berada dalam jaringan internet yang kencang.

Hal tersebut karena, jaringan Tor terdiri dari berbagai lapisan enkripsi yang bisa membuatnya berat, apabila dibuka melalui jaringan internet yang lambat.

Itulah 4 hal yang perlu diperhatikan apabila ingin mengunjungi Deep Web. Walaupun cara di atas aman, namun sebaiknya kalian tidak mencoba mengakses Deep Web.

Hal tersebut karena selama ini telah ada beberapa kasus, orang menjadi sasaran hacker karena kecerobohan mengakses Deep Web.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Ada komentar?