Tips Beberapa Cara Memotret di Tempat yang Gelap

Apa kalian sering mengalami kendala saat memotret di tempat gelap? Jika iya, berikut beberapa cara memotret foto di tempat gelap.

Memotret dengan cahaya rendah mungkin tidak mudah dikuasai, apalagi jika menggunakan ponsel. Membidik gambar di tempat yang gelap juga membuat frustasi.

Saat mengambil gambar di tempat gelap, banyak orang mengalami masalah. Dimulai dari gambar terlalu gelap, terlalu terang, hingga gambar penuh noise.

Meski begitu, jangan cepat menyerah saat memotret di tempat gelap. Sebab ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mendapat bidikan yang lebih baik.

pixel night sight
Mode Night Sight kamera Google Pixel (Foto: Venture Beat)

Cara Memotret Foto di Tempat Gelap

Menggunakan Mode Malam

Mode fotografi yang satu ini memang cocok untuk tempat gelap. Namun kualitas gambar yang dihasilkan tergantung tipe dan merk smartphone.

Google menyebut mode ini sebagai Night Sight. Samsung menamainya Bright Night, Huawei menyebutnya Night Mode, dan OnePlus memberi nama Nightscape.

Jika smartphone kalian punya mode ini, maka gunakan mode gelap saat cahaya redup. Cara kerja mode ini mirip HDR, namun kamera akan mengambil gambar di bawah level eksposur yang berbeda.

Gunakan Cahaya Buatan

Banyak orang mungkin tidak suka menggunakan flash. Sebab flash dapat menciptakan highlight yang keras, dan menghancurkan detail foto.

Namun jika kalian ada di tempat tanpa cahaya, maka penggunaan flash sangat dibutuhkan. Selain flash, kalian juga bisa menggunakan lampu LED portabel.

Lampu LED portabel cukup terjangkau, dan membuat hasil foto terlihat menakjubkan. Selain untuk memotret, lampu ini juga biasa digunakan vlogger saat membuat video.

Gunakan Mode Manual

Mode otomatis memang bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Namun mode ini kurang cocok digunakan untuk tempat gelap.

Kamera tidak tahu apa yang ingin kalian potret. Kamera hanya mencoba mengekspos gambar dengan benar, dan melakukan apa pun yang ingin dicapai.

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan mode manual. Mode ini memungkinkan kalian untuk mengendalikan kamera secara penuh.

Manfaatkan RAW Jika Memungkinkan

Saat ini banyak perangkat yang memberi akses ke format RAW. Gambar RAW dikenal sebagai file yang tidak dikompresi dan diedit.

RAW menjadikan ukuran file menjadi lebih besar. Namun hal tersebut karena format RAW mengandung semua data fotografis yang terekam.

Dengan begitu, RAW juga membuat gambar lebih detail. Kalian juga bisa mengontrol hal-hal lain, seperti keseimbangan warna tanpa mengurangi kualitas.

More Stories
windows 10 mobile lock screen
Anniversary Update: Yang Baru dan Yang Hilang