Tips Hemat Uang di Play Store dengan Membatasi Pengeluaran

Play Store telah diperbaharui Google dengan adanya penambahan fitur budgeting. Bagaimana memakainya? Simak tips hemat uang di Play Store berikut ini.

Pengguna Play Store di dunia memang sangat banyak. Hal ini tidak lepas dari berbagai konten menarik di dalam Play Store, baik yang gratis atau berbayar.

Beberapa pengguna ada yang lebih suka menggunakan aplikasi gratis. Alasannya sederhana, pengguna bisa menikmati aplikasi tanpa perlu mengeluarkan uang sedikit pun.

Tapi di sisi lain, aplikasi berbayar juga tetap dilirik pengguna Play Store. Ditambah lagi aplikasi berbayar biasanya menyediakan konten yang lebih bagus dibanding versi gratisan.

Sayangnya tidak semua aplikasi berbayar bisa didapatkan dengan harga murah. Ada beberapa aplikasi Play Store yang dibanderol dengan harga fantastis.

Sumber Gambar : Software Tested

Hal ini membuat pengeluaran kadang tidak terkontrol. Apalagi jika sudah tergiur fitur-fitur menarik di dalamnya, bisa jadi kalian rela habiskan uang demi aplikasi tersebut.

Untungnya saat ini Google sudah menambahkan fitur budgeting dalam Play Store. Dengan begitu pengguna bisa mengatur jumlah uang yang dibelanjakan per bulan untuk pembelian konten..

Fitur ini bekerja seperti pengingat pemakaian data di smartphone Android. Pengguna akan mendapat reminder saat transaksi hampir melebihi batas anggaran yang sudah ditentukan.

Menariknya, pengguna tetap bisa membeli konten di Play Store meski sudah lewat batas anggaran. Tapi dengan adanya pengingat, maka pengguna bisa mengatur supaya dompet tidak kebobolan.

Cara Menggunakan Fitur Budgeting Play Store

Berikut ini cara menggunakan fitur budgeting di Play Store:

  • Buka aplikasi Google Play Store.
  • Pilih ikon ‘tiga garis horizontal’.
Sumber Gambar : Kompas Tekno
  • Pilih menu ‘Account’.
  • Di dalam menu Account, pilih tabPurchase History’.
  • Selanjutnya tap pada tombol ‘Set Budget’.
  • Atur jumlah nominal yang ingin dianggarkan dalam bulan ini.
  • Jika sudah, tap tombol ‘Save’.
Sumber Gambar : Kompas Tekno

Dalam contoh ini, kami mengatur anggaran maksimal Rp 250.000. Nominal tersebut akan tertera di bagian kanan atas.

Nominal tersebut juga akan berkurang berdasarkan transaksi yang dilakukan. Misal kalian membeli aplikasi seharga Rp 50.000, maka saldo akan menjadi Rp 200.000.

Jika ingin mengubah nominal, pengguna hanya perlu tap tombol ‘Edit Budget’. Sementara untuk menghapusnya, tap tombol ‘Remove Budget’.

Itulah tips hemat uang di Play Store dengan menggunakan fitur budgeting. Dengan cara ini, kalian akan lebih bisa mengontrol pengeluaran. Jadi, tidak boros lagi. Yah, semuanya tergantung diri sendiri sih.

More Stories
Anti Ribet, Ini 5 Cara Terbaik Mainkan Mobile Legend di PC