4 Tips Memanfaatkan Fitur Highlight Story Instagram Secara Maksimal

Instagram adalah salah media sosial yang paling populer di dunia. Hampir sebagian besar penduduk di dunia menggunakan Instagram.

Media sosial ini pada awalnya hanya diperuntukkan untuk mengunggah foto maupun video, dan tidak mempunyai fitur-fitur lainnya.

Namun sebagai salah satu media sosial populer di dunia, Instagram selalu aktif menghadirkan fitur-fitur menarik untuk mempercantik aplikasi.

Hal ini tentu disambut antusias oleh pengguna. Dimulai dengan adanya fitur Instastory, hingga fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan live streaming di Instagram.

Bagi kalian yang sudah lama menggunakan Instagram, tentu telah merasakan banyak perubahan yang dihadirkan developer ke dalam aplikasi tersebut.

Salah satu fitur yang akan kami bahas dalam kesempatan ini adalah Instastory. Sebelumnya, Instastory hanya dapat dilihat dalam waktu 24 jam.

Kemudian story akan hilang, karena Instagram selalu membuang jutaan story setiap harinya. Namun dengan pembaharuan Archive, kini setiap story di Instagram tidak akan hilang.

Sumber Gambar : Later

Menggunakan Fitur Archive

Setiap story yang telah berusia 24 jam, maka mereka akan disimpan kedalam Archive. Dan story tersebut hanya bisa dilihat atau disimpan ke smartphone pemilik akun.

Jika ingin menampilkan story tersebut kembali, maka pengguna bisa menggunakan fitur Highlight story yang terletak di bawah profile bio.

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur Archive? Sebenarnya tidak ada cara yang perlu dilakukan untuk menggunakan fitur ini, karena fitur tersebut berfungsi secara otomatis.

Fitur ini sebenarnya bisa dinonaktifkan sesuai dengan selera pengguna. Mungkin beberapa pengguna ada yang keberatan menggunakan fitur ini.

Untuk mengakses fitur tersebut, buka ‘Option’ di akun Instagram. Kemudian pilih menu ‘Story Settings’ yang ada di bagian ‘Account.’

Kemudian pada bagian ‘Saving,’ matikan tombol ‘Save to Archive.’ Dengan klik tombol tersebut, maka pengguna telah menonaktifkan fitur penyimpanan story ke ponsel.

Selain itu, story pengguna akan hilang dalam waktu 24 jam, serta tidak bisa dikembalikan lagi. Instagram pengguna secara langsung akan kembali ke versi sebelumnya.

Menggunakan Fitur Highlight

Sebelum mengaktifkan fitur Highlight, maka pengguna perlu mengakses folder Archive terlebih dahulu. Kemudian pilih story yang ingin ditampilkan lagi. Setelah story dimainkan, tekan tombol Highlight yang ada di bawah.

Setelah menekan tombol tersebut, coba lihat pada bagian profil. Selanjutnya akan muncul beberapa bulatan story yang ada di bawah bio.

Lalu apa sebenarnya manfaat Highlight story? Sekilas fitur ini terlihat antara penting dan tidak. Namun sebenarnya fitur tersebut bisa digunakan untuk menunjukkan jati diri pemilik akun.

[irp posts=”58758″ name=”Ingin Bisa Instastory mu Layaknya Influencer? Ini dia 5 Aplikasinya”]

Berikut ini beberapa tips memanfaatkan Hightlight story:

Berbagai Momen Liburan Terbaik

Selain update feed Instagram dengan foto-foto liburan kece, kalian juga bisa berbagi momen seru selama liburan ke Highlight story. Dalam fitur tersebut, tunjukkan betapa asiknya liburan kalian.

Hal ini bisa menjadi referensi pengguna Instagram yang lain. Siapa tahu setelah melihat Highlight story kalian, mereka tertarik mengunjungi tempat liburan yang sama.

Story BFF Paling Seru

Sebenarnya tidak ada salahnya untuk memamerkan wajah teman-teman dekat kalian setiap kali kumpul bersama. Pilih salah satu video atau foto yang berisi ekspresi kocak mereka.

Selanjutnya, masukkan foto atau video unik tersebut ke story. Dan terakhir, pamerkan foto atau video tersebut ke Highlight.

Best Moment Dalam Karier

Fitur tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan portofolio lho. Ini berlaku bagi kalian yang biasanya suka pamer kerjaan. Baik ketika mengerjakan PR, tugas kampus, hingga saat mendapat penghargaan di kantor.

Dan inilah saatnya memasukkan momen-momen tersebut ke dalam Highlight. Tips ini cocok untuk para first jobber serta job hunter, agar dipandang baik oleh calon-calon perekrut, yang mungkin kebetulan stalking Instagram kalian.

Sebagai Etalase Produk

Highlight story sebenarnya sangat berguna bagi pelaku bisnis online, yang menggunakan Instagram sebagai media pemasaran produk.

Dengan fitur tersebut, pelaku bisnis bisa menampilkan produk-produk terbaru, maupun produk ready-stock. Dengan begitu, pembeli tidak akan bingung mencari foto produk di tumpukan feed.

Download

Download

More Stories
Ini Fakta Penyebab Facebook, Instagram dan WA Down