Tips Memilih Hashtag Instagram Agar Tepat Sasaran

aplikasi hashtag instagram

Hashtag adalah wujud topik percakapan di media sosial. Termasuk juga di Instagram. Permasalahannya, bagaimana memilih hashtag Instagram yang tepat saat posting? Simak tips berikut ini.

Sebagai sebuah topik, hashtag sangat manjur untuk supaya posting Instagram dilihat pengguna lain, disukaimendapat komentar, atau meraih follower baru. Singkat kata, bisa membuatnya populer. Apalagi Instagram kini sudah memiliki fitur untuk follow hashtag.

Yang seringkali orang lakukan di Instagram adalah meletakkan hashtag populer sebanyak-banyaknya. Padahal, hal itu belum tentu tepat. Karena Instagram punya resep tersendiri di balik posting populer. Oleh karena itu, jangan sembarangan.

1. Gunakan Hashtag Obyek Yang Jadi Topik

Hal ini sudah jelas. Kalau kamu bicara baju, gunakanlah hashtag yang berhubungan dengan baju, misalnya: #OOTD, #hijabers, dll. Kalau kamu sedang liburan ke pantai, gunakanlah hashtag tentang pantai (atau berenang).

Hal ini berguna agar posting bisa dilihat oleh orang yang punya minat sama. Selain itu, bisa juga dilihat oleh orang yang mencari referensi soal itu. Misalnya ada yang mencari lokasi liburan di pantai.

2. Gunakan Hashtag Lokasi

Lokasi bisa memainkan peran penting. Rata-rata orang bangga dengan tempat asal atau tempat tinggalnya. Rasa bangga ini bisa membuat mereka lebih mudah memberi Like atau berkomentar.

Kalau kamu sedang liburan atau kamu memang tinggal di sebuah kota dan punya foto atau video menarik, jangan lupa sertakan hashtag lokasi. Baik kota maupun negara. Hal ini akan lebih berguna lagi kalau kamu memang mengelola toko, restoran atau layanan dengan lokasi fisik (bukan online).

3. Gunakan Hashtag Instagram Populer Yang Berkaitan

Tentu saja menumpang hashtag populer tidak ada salahnya. Bahkan sangat dianjurkan. Hanya saja, cari hashtag populer yang sesuai dengan posting milikmu. Sehingga foto dan video tetap relevan dan mudah ditemui.

Misalnya kamu hobi fotografi, kamu bisa mencari hashtag populer untuk fotografer. Lalu pilih yang paling sesuai dengan foto atau videomu itu.

4. Gunakan Hashtag Buatan Sendiri Yang Menarik Perhatian

Pilihan lain yang tidak kalah menarik adalah membuat hashtag sendiri. Kalau konsisten, hashtag ini bisa jadi kekhasan akunmu. Dengan kata lain, jadi “merk”-mu di Instagram. Pengguna lain bisa dengan mudah menemukan profilmu dan segera jadi follower Instagram dengan cara ini. Apalagi sekarang Instagram juga memberi fitur tautan hashtag di profil.

Ketika kamu membuat hashtag sendiri, buatlah hashtag itu terlihat menyenangkan. Bisa terkesan jail, aneh, atau bahkan tidak masuk akal. Selain itu bisa juga menjadi bahan pertanyaan, sehingga memancing komentar.

5. Kombinasikan Hashtag

Nah, setelah mengetahui beberapa hashtag Instagram penting yang sesuai, kamu bisa mengkombinasikannya. Kamu bisa memasukkannya dalam sebuah kalimat di caption. Pilihan lain, membuatnya sebagai daftar setelah caption foto atau video. Hal ini tergantung kreativitasmu.

Kombinasi hashtag yang tepat bisa membuat posting Instagram milikmu punya kesempatan dilihat lebih besar, tapi tetap relevan dengan sistem yang dimiliki oleh Instagram. Di sisi lain, dengan hashtag yang tepat — alias tidak hashtag abuse atau nyampahposting-mu akan terlihat lebih terpercaya, bukan spam.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi hashtag untuk mencari dan mencatat hashtag yang sesuai dan layak dipakai.