Tips dan Tutorial Rahasia Pakai Samsung One UI 3 Biar Lebih Keren

Apakah kamu pengguna skin Samsung One UI 3? Jika iya, coba tips dan tutorial rahasia pakai Samsung One UI 3 berikut ini agar lebih keren.

Skin Android Samsung One UI 3 rilis beberapa bulan lalu. Untuk sementara ini, yang kebagian skin berbasis Android 11 ini baru smartphone-smartphone flagship Samsung.

One UI 3 tentu membawa banyak fitur menarik dan lebih canggih. Sayangnya, mungkin beberapa pengguna masih belum luwes menggunakan One UI 3. Oleh sebab itu, kali ini saya akan berikan tips dan tutorial menggunakan Samsung One UI 3.

Tips dan Tutorial Pakai Samsung One UI 3

Membuka dan Mengunci Smartphone

One UI 3 menyajikan cara membuka dan mengunci smartphone yang super mudah. Yakni dengan mengetuk dua kali area kosong pada layar Beranda. Namun, fitur ini hanya berfungsi dengan launcher One UI Stock.

Walau begitu, ini adalah fungsi yang super praktis. Karena itu artinya, kamu tidak perlu menekan tombol daya untuk membuka atau mengunci smartphone.

Pengaturan Video lanjutan

Kamu punya earbud wireless yang terhubung ke ponsel Galaxy? Jika iya, di One UI 3 kamu bisa menggunakan earbud itu sebagai mikrofon eksternal saat merekam video. Dengan begitu, kualitas audio akan lebih bagus dibanding hanya memakai mikrofon internal di ponsel.

Tidak hanya itu, One UI 3 juga menawarkan mode Video Pro di aplikasi kamera. Di mode ini kamu bisa mengatur ISO, kecepatan rana, aperture, dll secara lengkap. Intinya kamu punya kendali penuh di kamera saat merekam video.

Mengaktifkan Riwayat Pemberitahuan

Google menambahkan fitur Notifications History atau Riwayat Pemberitahuan di Android 11. Karena One UI berbasis Android 11, jadi otomatis dia punya fitur ini.

Notification History Samsung One UI 3
Sumber Gambar : Make Use Of

Seperti namanya, fitur ini akan memberi tahu semua pemberitahuan yang pernah kamu terima. Secara default fitur ini dinonaktifkan.

Kalau kalian ingin mengaktifkan fitur ini, klik aplikasi β€˜Settings > Notifications > Advanced Settings.’ Setelah itu, aktifkan tombol β€˜On’ pada β€˜Notification History.’

Memakai Live Captions dan Live Transcibe

Buat yang belum tahu, fitur Live Captions dapat mengubah ucapan atau audio menjadi teks secara real time. Sedangkan fitur Live Transcibe berfungsi mengubah teks menjadi ucapan.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka β€˜Settings > Accesbility > Hearing enhancements.’ Nah, di sana kalian hanya perlu mengaktifkan tombol β€˜On’ di menu Live Captions dan Live Transcibe.

Akses Cepat ke Lock Screen Widget

One UI 3 menghadirkan desain widget Lock Screen yang lebih segar. Sekarang, Lock Screen One UI 3 akan  memberikan gambaran umum tentang acara yang akan datang, alarm, Bixby Routines, kontrol media, cuaca, dll.

Untuk mengakses widget Lock Screen secara cepat, cukup swap ke bawah lock screen clock. Sedangkan kalau ingin mengatur ulang Lock Screen, buka β€˜Settings > Lock Screen > Widgets.’

Mengubah Background dan Tata Letak Layar Panggilan

Di One UI 3, kalian bisa mengatur background layar panggilan dengan gambar khusus lho. Kalau ingin memakai video pendek sebagai background juga bisa.

Sumber Gambar : Make Use Of
  • Buka aplikasi β€˜Phone.’
  • Ketuk tombol menu 3 titik yang ada di kanan atas.
  • Pilih opsi β€˜Call Background.’

Selanjutnya kamu akan menemukan opsi untuk mengubah tata letak layar dan background panggilan di sini.

Menyesuaikan Tampilan Always On

Fitur Always On memang sudah ada di banyak ponsel Samsung. Namun khusus di One UI 3, kamu bisa menyesuaikan tampilan Always On agar unik seperti memakai GIF sebagai wallpaper tampilan, jam unik, menampilkan informasi musik, dll.

Untuk menyesuaikan tampilan Always On, buka β€˜Settings > Smart Lock > Always On Display.’ Nah, di sana kamu bisa mengatur tampilan Always On sepuasnya.

%d blogger menyukai ini: