Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Netflix Luncurkan Tombol “Dua Jempol” Buat Tingkatkan Rekomendasi

Indri Penulis

Netflix resmi meluncurkan tombol baru “Two Thumbs Up” atau “Dua Jempol.” Fitur ini dirancang untuk meningkatkan fungsi rekomendasi yang sudah ada.

Netflix adalah salah satu layanan streaming terpopuler di dunia. Platform ini menawarkan ‘katalog jumbo’ untuk berbagai acara TV dan film. Sayangnya katalog sejumbo itu kadang menimbulkan masalah sendiri buat pengguna Netflix. Nggak jarang pengguna capek mencari acara yang ingin ditonton di Netflix.

Sadar akan masalah tersebut, seiring berjalannya waktu Netflix mulai memperkenalkan berbagai fitur untuk meningkatkan rekomendasi yang dipersonalisasi sesuai selera pengguna. Lewat fungsi ini, pengguna bisa menemukan konten baru dan menarik dengan mudah.

Meski sudah punya fitur rekomendasi, tapi baru-baru ini Netflix mau bikin fitur rekomendasinya supaya lebih canggih. Untuk mewujudkan misinya itu, Netflix meluncurkan tombol “Two Thumbs Up” alias “Dua Jempol.” Tombol “Dua Jempol” sekarang telah tersedia di aplikasi Android, iOS, TV dan web.

Sebelumnya adanya tombol baru ini, Netflix sebelumnya cuma punya dua tombol. Mereka berdua adalah tombol Like dan Dislike. Sesuai namanya, tombol ini akan menunjukkan apakah pengguna menyukai atau tidak suka dengan konten yang direkomendasikan oleh Netflix.

“Dua Jempol” sendiri bisa dibilang sebagai tombol super-like yang akan memberi sinyal ke Netflix, kalau kamu benar-benar menyukai acara/film yang mereka rekomendasikan. Netflix juga akan menganggap kalau kamu ingin menonton lebih banyak konten seperti itu, dan mereka akan merekomendasikan lebih banyak konten bertema serupa nantinya.

Pertimbangkan Double Thumbs Up sebagai cara untuk menyempurnakan rekomendasi kalian, dan melihat lebih banyak serial atau film yang benar-benar Anda sukai. Tombol Thumbs Up (jempol ke atas) tetap memberi tahu kami apa yang kalian suka, jadi kami menggunakan tanggapan ini untuk membuat rekomendasi yang hampir serupa,” kata perwakilan Netflix, Christine Doig-Cardet (dikutip dari XDA-Developers).

Baca Juga:  10 Rekomendasi Film dan Serial Netflix Terbaik Edisi Bulan Maret 2022

Tetapi Double Thumbs Up memberi tahu kami tentang apa yang sangat kalian sukai, dan membantu kami agar lebih spesifik saat memberikan rekomendasi,” lanjut Netflix.

Di sisi lain, upaya Netflix untuk memberikan rekomendasi sesuai selera pengguna nggak cuma terbatas pada tombol ‘suka’ atau ‘nggak.’ Sebelumnya Netflix juga pernah menawarkan sistem peringkat yang memungkinkan pengguna memberikan nilai ke konten maksimal sampai bintang 5. Tapi pada tahun 2017, Netflix mulai mengganti sistem penilaian dengan tombol suka/tidak suka.

Sekarang dengan adanya tombol “Dua Jempol,” diharapkan rekomendasi tayangan yang diberikan Netflix bisa jauh lebih baik. Untuk posisinya sendiri, tombol ini ada di tepat di sebelah Thumb Up/Jempol ke Atas. Tombol “Dua Jempol” bisa kamu temukan di beberapa tempat seperti layar jeda, halaman judul, dan di akhir episode.