Mengembalikan Tombol 'View Image' Di Hasil Pencarian

google image view

Kalau kamu perhatikan, Google menghilangkan tombol View Image alias Lihat Gambar di hasil pencarian. Yah, mungkin ada yang kecewa dengan hilangnya tombol itu. Sekali lagi, ada trik mudah untuk mengembalikan tombol itu.

Kalau kita pikir lebih jauh, keputusan Google itu masuk akal. Ia ingin agar pengguna masuk ke halaman tempat gambar itu berada. Tidak langsung ke gambar itu sendiri. Lalu dengan begitu, Google juga mempersulit orang yang mau mengambil gambar. Siapa tahu gambar itu ada hak ciptanya.

penampilan hasil pencarian gambar google

Tampilan hasil pencarian gambar di Google

Yah, ternyata banyak juga yang kurang suka dengan keputusan Google itu. Tidak lama, langsung muncul cara mengembalikan tombol itu di Google. Yaaaay…

Silakan ikuti langkah berikut.

Cara Mengembalikan Tombol View Image di Google

  1. Buka Google Web Store.
  2. Cari ekstensi:
  3. Install ekstensi itu.
  4. Lakukan pencarian seperti biasa dan kamu akan melihat tombol View Image ada lagi.
mengembalikan tombol view image

Tombol View Image muncul lagi

BACA JUGA
4 Ekstensi Speed Dial Chrome Terbaik

Ekstensi yang disebut di atas tentu saja merupakan ekstensi Chrome. Bagaimana dengan browser lain? Kalau kamu pakai browser Firefox, silakan baca artikel Cara Menggunakan Ekstensi Chrome di Firefox. Kalau kamu pakai Opera, silakan cari add-on sejenis.

Tapi kalau kamu pakai di Firefox atau Opera, mungkin kamu akan melihat ada sedikit masalah kecil. Kadang tombol View Image itu ada dua. Hahaha, tadinya nggak ada, sekarang malah jadi lebih. Yah, namanya juga bukan ekstensi asli. Harap maklum.

Anyway, tanpa tombol ini pun sebenarnya kamu bisa masuk ke halaman website tempat gambar itu berada dan mengunduh gambar itu. Ya kalau ada tombol download atau kamu tahu cara lain. Tapi kalau kamu malas membuka banyak halaman, trik dengan ekstensi ini bisa jadi solusi praktis.

Harap diingat juga, bisa jadi suatu hari nanti cara ini tidak berfungsi lagi. Bagaimanapun, ini adalah hasil pencarian Google. Jadi ya tergantung si empunya. Untuk sementara waktu, nikmati saja kembalinya tombol View Image ini.

Ada komentar?