Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

TOR Browser, Fitur Mode Siluman Paling Ampuh

TOR Browser, Fitur Mode Siluman Paling Ampuh

Komersialisasi data adalah satu hal yang paling ditakuti ketika berinternet. Karena yang namanya data seharusnya memanglah privasi dan harusnya dilindungi.

Saat kita menggunakan internet dan menelusuri dunia digital, tidak jarang yang meminta untuk perizinan akses data-data handphone kita. Inilah sebenarnya yang perlu diwaspadai, apakah data kita sudah cukup aman?

popculture.id

Lebih dari itu, IP address yang merupakan identitas perangkat juga menjadi satu hal yang perlu kita perhatikan. Jarang sekali dari kita yang memperhatikan ini. Padahal dengan IP kita, seseorang dapat melacak keberadaan kita. Bukankah menakutkan?

Nah, di sinilah perhatian kita seharusnya tertuju, browser. Tidak semua browser menyediakan pengamanan terhadap privasi kita. Jangan terlalu berfokus pada kecepatan yang ditawarkan, tapi perhatikan juga keamanannya.

Berdasarkan fakta di atas saya tergerak untuk membahas sebuah software browser. Browser ini secara khusus menawarkan keamanan privasi pada seluruh penggunanya, yakni TOR Browser.

Apa Itu TOR Browser?

TOR pada dasarnya sama dengan browser yang lain, dapat digunakan untuk browsing-browsing. Perbedaannya, secara keamanan TOR lebih unggul dibanding yang lain. Karena TOR Browser dapat menjadikan kita ketika komunikasi online menjadi anonim alias tidak menampakkan identitas kita, alias IP address pengguna telah disembunyikan.

Dinamakan TOR, adalah singkatan dari The Onion Router. Yakni suatu jaringan virtual yang dapat meningkatkan keamanan, khususnya kerahasiaan privasi ketika berselancar di dunia maya.

Sesuai dengan namanya Onion yang berarti bawang, menyiratkan pada lapisan-lapisan yang dimiliki bawang. Artinya, TOR ini memiliki keamanan berlapis, diantaranya seperti menyembunyikan trafik atau identitas pengguna secara berlapis.

Inilah yang menjadikan kita layaknya siluman, mungkin lebih tepatnya siluman bawang.

Agar mempermudah pembaca dalam memahami, berikut akan kami rangkum dengan beberapa daftar kelebihan dan kekurangan dari TOR browser.

Kelebihan TOR Browser

  • Mampu mengunci dan mencegak pelacakan data.
  • TOR membuat alamat IP tidak terlacak.
  • Bisa membuka web atau situs yang terblokir internet positif.
  • Memberikan layanan VPN gratis

Kekurangan TOR Browser

  • Belum dilengkapi dengan fake GPS.
  • Internet jadi lebih lemot dari biasanya.
  • Virus lebih mudah masuk.
  • Membuat kalian diwaspadai.

Cara Kerja TOR Browser

TOR memiliki jaringan khusus, jaringan ini terdiri dari ribuan server dan akan terhubung secara acak. Yang membuat TOR istimewa adalah setiap jaringan yang digunakan sudah terdapat enkripsi lalu lintas data.

Hal ini juga lah yang membuat IP kita selalu tersembunyi, dan hal ini jugalah yang membuat TOR mampu menembus situs yang terblokir.

Berdasarkan cara kerja tersebut, tidak heran jika internet kita menjadi lebih lemot dari biasanya. Sebagai contoh, misal kita ingin mengakses sebuah situs dalam jaringan Singapura. Alur TOR tidak langsung ke jaringan tersebut, melainkan secara acak melewati server seluruh dunia, bisa jadi Amerika atau Rusia dulu, barulah masuk ke Singapura.


Kurang lebih itulah TOR Browser dan segala yang dimilikinya. Terkait apakah layak digunakan atau tidak, tergantung skala prioritas kalian. Jika ingin aman pakai TOR, tapi jika ingin cepat jangan pakai TOR. Berikut link download situs resmi torproject.

    %d blogger menyukai ini: