Instagram Uji Coba Stiker “Reshare” di Stories, Ternyata Buat Ini Lho!

stiker instagram stories

Instagram kedapatan tengah uji coba stiker “Reshare” di Stories. Stiker ini bakal membedakan postingan asli dengan yang dibagikan ulang.

Aktivitas reshare atau membagikan ulang postingan ke Stories memang sering dilakukan pengguna Instagram (termasuk saya juga sering begitu sih).

Meski terlihat asyik, tapi Instagram memandang aktivitas ini sebagai ‘masalah’ lho. Terlihat pada beberapa bulan lalu, Instagram sempat melakukan uji coba untuk menghilangkan fitur posting ulang feed ke Stories.

Mei ini, Instagram mencoba pendekatan yang lebih halus. Raksasa media sosial ini kedapatan menguji coba stiker “Reshare” di Stories. Tujuannya untuk membedakan postingan feed yang dibagikan ulang dan versi aslinya.

Instagram Uji Coba Stiker “Reshare” di Stories

Flashback pada bulan Januari lalu, Instagram menggambil langkah tegas buat mengatasi kebiasaan pengguna yang sering reshare postingan feed ke Stories.

Sumber Gambar : Social Media Today

Instagram memperlunak pendekatannya ke pengguna dengan tes uji coba di bulan Maret. Dalam uji coba tersebut, Instagram terlihat menambahkan ‘label’ pada postingan feed yang telah diposting ulang ke Stories.

Sumber Gambar : Social Media Today

Kelihatannya, sang raksasa media sosial masih belum selesai ‘mengutak-atik’ masalah ini. Sebab baru-baru ini, peneliti aplikasi, Alessandro Paluzzi menemukan tes uji coba terbaru yang menunjukkan kalau Instagram menambahkan stiker “Reshare” ke fitur Stories.

Sumber Gambar : Social Media Today

Paluzzi menduga kalau uji coba telah dilakukan selama beberapa minggu terakhir. Namun peneliti aplikasi itu belum mengetahui bagaimana cara kerja stiker anyar ini.

Sumber Gambar : Social Media Today

Ia hanya menduga kalau cara kerja stiker “Reshare” adalah untuk memperjelas bahwa yang ada di Stories adalah ‘postingan feed yang telah dibagikan ulang,’ bukan Story asli (bikinan sendiri).

Di sisi lain, Kepala Instagram, Adam Mosseri baru-baru ini juga memberikan keterangan yang memperkuat rumor stiker baru. Keterangan ini ia sampaikan lewat sesi Q&A Instagram pada tanggal 7 Mei 2021. Mosseri memposting tanggapan seperti ini.

Sumber Gambar : Social Media Today

Tanggapan Mosseri jelas bakal menimbulkan pro dan kontra. Buat yang setuju dengan Mosseri, mereka mungkin adalah pengguna yang merasa ‘bosan,’ karena harus melihat postingan feed yang sama berulang-ulang (versi asli di feed, dan mungkin beberapa postingan serupa diposting ulang ke Stories).

Sedangkan yang kontra, biasanya pengguna yang suka membagikan informasi dari feed akun lain ke Stories mereka. Contohnya ketika kamu melihat info seputar update game di feed Instagram milik akun berita, lalu kamu bermaksud membagikan info tersebut ke Stories-mu.

Hm, sepertinya Instagram benar-benar bekerja keras buat mengatasi hal ini ya. Kamu tim mana nih, pro atau kontra?

%d blogger menyukai ini: