Tumblr Merilis Fitur Obrolan Grup, Mirip Fitur Instastories Instagram

Tumblr telah merilis obrolan grup. Fitur ini sekilas mirip Instastories-nya Instagram. Sebab obrolan grup bersifat sementara dan akan hilang setelah 24 jam.

Beberapa waktu lalu, Tumblr sempat mengalami masa-masa sulit. Bagaimana tidak, media sosial ini sempat diboikot oleh beberapa negara, salah satunya Indonesia.

Hal ini karena Tumblr memperbolehkan penayangan konten dewasa. Seperti yang kita ketahui, konten dewasa adalah hal yang tabu, apalagi di Indonesia.

Sempat terabaikan, kini Tumblr kembali hadir menyapa pengguna. Tidak hanya itu, Tumblr bahkan menggoda pengguna dengan merilis fitur baru obrolan grup.

Kira-kira seperti apa fitur obrolan grup yang ada di Tumblr? Simak ulasannya berikut ini.

Sumber Gambar : Tumblr

Seperti Apa Fitur Obrolan Grup di Tumblr?

Fitur ini dirancang sebagai tempat diskusi. Obrolan grup juga membantu menghubungkan komunitas di seluruh platform media sosial.

Obrolan grup dibuat sebagai tempat berkumpulnya pengguna dengan minat khusus. Misalnya kalian suka makanan, maka kalian bisa bergabung dengan grup obrolan yang membahas tentang makanan.

Uniknya, semua percakapan dalam grup bersifat umum. Jadi semua pengguna Tumblr bisa melihat percakapan yang ada di dalam grup.

Pengguna lain (bukan anggota) hanya bisa melihat isi percakapan grup. Mereka tidak bisa meninggalkan komentar di dalam grup. Sementara anggota bisa meninggalkan komentar di dalam grup.

Oya, setiap grup hanya bisa diisi 100 orang (termasuk pemiliknya). Pemilik grup bebas mengundang orang lain untuk join. Sementara pengguna lain bisa menolak atau menerima ajakan tersebut.

Uniknya, semua percakapan dalam grup akan hilang dalam waktu 24 jam. Hal ini mengingatkan saya dengan fitur Instastories Instagram. Di mana Stories juga akan hilang setelah 24 jam.

Cara Menggunakan Obrolan Grup

Untuk menggunakan obrolan grup, kalian harus perbarui Tumblr ke versi 14.5.1 atau yang lebih baru. Setelah itu, kalian bisa temukan dan bergabung dengan obrolan grup yang diminati.

Obrolan grup bisa kalian cari di kolom pencarian. Pencarian grup bisa dilakukan berdasarkan judul, tag, hingga deskripsi grup.

Setelah menemukan grup yang dicari, kalian dapat melihat preview grup terlebih dahulu. Untuk bergabung ke grup, tap tombol β€˜Request to join.’

Tidak hanya itu, kalian juga bisa membuat grup baru sesuai minat. Caranya, klik ikon grup yang ada di sebelah kanan atas. Selanjutnya, tap tombol β€˜+.’