Pengguna Aplikasi Twitter (Android/iOS) akan Bisa Upload Gambar 4K

Aplikasi Twitter (Android/iOS) akan mendukung upload gambar beresolusi 4K. Saat ini, Twitter masih menguji coba pembaruan anyar tersebut.

Baru-baru ini, Twitter mengumumkan bahwa mereka sedang menguji pembaruan pada sistem upload gambar. Pengujian ini mereka lakukan pada aplikasi Twitter baik itu versi Android maupun iOS.

Aplikasi Twitter akan Bisa Unggah Gambar 4K

Dalam uji cobanya, kedua aplikasi Twitter akan mendukung pengunggahan gambar dalam resolusi 4K (4096×4096 piksel). Itu artinya, pengunggahan gambar di aplikasi akan setara dengan Twitter web. Sebelumnya, versi aplikasi hanya dibatasi maksimal upload gambar beresolusi 2K (2048×2048 piksel).

Jika Twitter-mu ikut dalam program pengujian ini, kamu bisa coba aktifkan opsi baru ini. Caranya masuklah ke โ€˜Settings and privacy > Data usage > High-quality image uploadsโ€™ dan aturlah opsi menjadi โ€˜On cellular or Wi-Fi.โ€™

Setelah mengaktifkan opsi ini, aplikasi Twitter akan mengompres gambar lebih sedikit sebelum diunggah. Efeknya Twitter dapat meningkatkan resolusi akhir gambar, sekaligus meningkatkan ukuran file unggahan dan waktu yang dibutuhkan untuk mengunggah gambar.

Karena Twitter saya tidak masuk program uji coba, jadi saya coba mencari sumber lain yang telah melakukan uji coba opsi anyar ini. Hasilnya saya menemukan situs GSMArena.

Situs ini melakukan uji coba dengan mengunggah gambar 4096×4096 piksel dua kali di aplikasi iOS, dengan dan tanpa mengaktifkan kualitas 4K. Kemudian satu kali uji coba dilakukan lewat Twitter web.

Hasilnya, mode non-4K di aplikasi mengompresi ukuran file dan mengubah resolusi menjadi 2K. Sedangkan mode 4K mengurangi ukuran file, tapi resolusi 4K pada gambar masih dipertahankan. Gambar pun tetap terlihat tajam.

Sedangkan Twitter web masih tetap yang terbaik. Sebab versi ini tetap mempertahankan resolusi dan ukuran file. Dengan begitu, pengguna tetap bisa mengunggah gambar tanpa perlu dirugikan (akibat kualitas gambar jadi buruk).

Oya, Twitter sekarang juga telah mengubah tampilan gambar di timeline aplikasi lho. Kalau sebelumnya pratinjau default selalu berbentuk lanskap dan cuma menampilkan gambar sekilas, maka kini berbeda.

Sekarang gambar di timeline aplikasi Twitter akan terlihat penuh, tidak peduli apakah itu gambar lanskap atau portrait. Saya mencoba menengok perubahan ini di Twitter, dan lagi-lagi fitur tersebut belum diluncurkan kepada saya. Jadi saya tidak bisa melampirkan buktinya saat menulis artikel ini.

Hm, mungkin saya yang kurang beruntung.

%d blogger menyukai ini: