Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Layanan Twitter Blue Resmi Meluncur, Penting Nggak Sih?

Indri Penulis

Twitter akhirnya resmi meluncurkan layanan Twitter Blue. Apa saja yang kamu dapatkan dan berapa harga dari layanan ini?

Pertengahan Mei lalu, Twitter digosipkan akan meluncurkan layanan berlangganan Bernama Twitter Blue. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh peneliti, Jane Manchun Wong.

Awal Juni ini, melalui situs resminya, medsos berlogo burung biru itu mengumumkan secara resmi layanan Twitter Blue. Untuk sementara ini, layanan tersebut baru diluncurkan di Australia dan Kanada dengan harga masing-masing $3,49 CAD/$4,49 AUD.

Nah dengan harga segitu, kira-kira apa saja yang bakal kita dapatkan dari Twitter Blue?

Pertama adalah fitur “Undo Tweet.” Sesuai namanya, fitur ini bakal memungkinkanmu untuk membatalkan pengiriman tweet (misalnya salah ketik atau lainnya). Kamu bisa menyesuaikan berapa lama pembatalan tweet maksimal sampai 30 detik.

Sumber : Twitter

Ada pula fitur “Reader Mode.” Fitur ini akan memudahkanmu untuk mengikuti thread Twitter yang panjang dengan UI khusus. Dengan begitu, kamu dapat fokus ke kontennya saja.

Sumber : Twitter

Fitur ketiga adalah “Bookmark Folders,” yakni fitur untuk mengatur tweet yang telah kamu simpan ke dalam folder.

Sumber : Twitter

Lalu yang terakhir ada “Other perks,” fitur untuk menyesuaikan ikon aplikasi, tema warna, dan dukungan khusus lainnya.

Untuk saat ini, baru itu saja fitur yang disajikan oleh Twitter Blue. Namun Twitter mengatakan kalau mereka akan menghadirkan lebih banyak fitur baru kedepannya. Rencananya, layanan ini juga akan diperluas ke negara-negara lain.

Secara pribadi, menurut saya berlangganan Twitter Blue ‘kurang penting’ sih. Karena keuntungan yang diberikan sebenarnya bisa kita siasati sendiri.

Contohnya fitur Undo Tweet, kita bisa menyiasatinya dengan menghapus tweet beberapa saat setelah diposting. Lalu kita tinggal menulis tweet yang baru. Nggak perlu pakai fitur Undo Tweet. Kecuali kalau fitur edit, menurut saya jauh lebih berguna (sayangnya sampai sekarang belum ada).

Baca Juga:  Twitter Uji Coba Fitur CoTweet untuk 2 Akun Bisa Bikin Tweet Baru

Lalu untuk fitur Bookmark Folder, kita bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan fitur bookmark yang ada di browser. Cara kerjanya hampir sama kan?

Itu pendapat pribadi saya sih. Gimana kalau pendapatmu?