Twitter Resmi Luncurkan Fleets Mirip Fitur Instagram Story

Akhirnya Twitter resmi meluncurkan fitur baru bernama Fleets. Fitur ini memiliki cara kerja mirip Instagram Story, yakni akan hilang setelah 24 jam.

Sekitar bulan Maret lalu, Twitter menguji coba fitur tweet sementara. Uji coba ini dilakukan pertama kali di Brazil, kemudian meluas ke Italia, India dan Korea Selatan.

Saat diuji coba, fitur ini memiliki cara kerja yang mirip seperti Instagram Story. Yakni tweet yang dibuat akan muncul di tab khusus Fleets dan akan hilang setelah 24 jam.

Sekarang fitur Twitter Fleets telah resmi meluncur. Mari kita lihat cara kerja fitur ini secara lengkap.

Sumber Gambar : Apple Insider

Seperti Apa Cara Kerja Twitter Fleets?

Dalam beberapa tahun ini, Twitter memang terasa kaku. Bayangkan saja, sebuah media sosial tanpa tombol edit. Kita juga hanya bisa memposting tweet, mengomentari tweet orang lain, me-retweet, dan mengirim pesan.

Berbeda dengan Instagram dan Facebook. Di sana kita bisa membuat Story. Yakni unggahan berupa teks, foto atau video yang akan hilang setelah 24 jam. Meski sementara, tapi fitur ini nyatanya disukai banyak pengguna.

Setelah bertahun-tahun, akhirnya Twitter menghadirkan fitur serupa bernama Fleets. Fitur ini hadir dengan harapan agar pengguna bisa bergabung ke percakapan dengan cara baru.

Lewat uji coba di beberapa negara, Fleets mendapat respon positif dari pengguna. Saat menjajal fitur ini, pengguna bisa bergabung ke percakapan dengan lebih private. Berbeda saat mengomentari tweet, di mana komentar akan dilihat semua orang. Tidak ada privasi di dalamnya.

Apa saja yang ada di Fleets? Sama seperti Instagram Story, di Fleets kalian dapat memposting teks, reaksi terhadap tweet, foto atau video. Kalian juga bisa mengkustomisasi tampilan background dan teks agar lebih menarik.

Untuk membagikan tweet ke Fleets, caranya ketuk ikon ‘Share’ di bagian bawah tweet. Selanjutnya, ketuk ‘Share in Fleet.’ Sebelum memposting tweet di Fleets, kalian punya opsi untuk mengedit tampilan tweet. Seperti memasukkan teks tambahan atau emoji.

Saat ini hanya itu saja fitur yang baru hadir di Fleets. Namun dalam waktu dekat, fitur stiker dan siaran langsung akan tersedia di Fleets.

Sumber Gambar : USA Today

Fleets yang telah diposting akan terlihat di bagian atas timeline beranda. Siapa pun yang bisa melihat profil lengkap kalian, maka mereka juga bisa melihat Fleets yang kalian buat.

Kalau kalian mengaktifkan opsi Direct Message, maka siapa pun dapat membalas Fleets kalian. Sebaliknya jika ingin membalas Fleets, kalian bisa ketuk Fleets orang lain untuk mengirim pesan atau stiker. Obrolan selanjutnya akan berlanjut di Direct Message.

Sementara itu, dalam beberapa hari yang akan datang, Fleets akan diluncurkan secara global. Semua pengguna aplikasi versi iOS dan Android akan mendapatkan fitur ini.

%d blogger menyukai ini: