Twitter Rilis Fitur Topics, Begini Cara Menggunakannya

Twitter telah meluncurkan fitur terbaru bernama Topics. Fitur ini memungkinkan pengguna menemukan lebih dari 300 subjek sesuai minat mereka.

Twitter adalah salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Media sosial yang satu ini sering dipakai rujukan untuk menemukan informasi singkat, padat dan jelas.

Kita bisa menemukan berbagai informasi tentang hiburan, olahraga, teknologi, dll, di Twitter. Sayangnya selama ini pengguna mengaku kesulitan untuk menemukan topik sesuai minat mereka.

Untuk mengatasi ‘kegalauan’ pengguna, Twitter kemudian meluncurkan fitur Topics. Fitur ini akan menjawab keluh kesah pengguna yang ingin mendapatkan informasi sesuai minat.

Lalu seperti apa dan bagaimana cara menggunakan fitur Twitter Topics? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sumber Gambar : Twitter

Seperti Apa Fitur Topics di Twitter?

Topics adalah fitur terbaru Twitter yang dirilis tanggal 11 November 2019. Fitur ini hadir untuk memberikan kenyamanan ekstra kepada pengguna Twitter.

Sebelum ada Topics, pengguna harus mencari akun tertentu yang membahas minat mereka. Hal ini sebenarnya kurang efisien, sebab informasi yang disajikan kadang belum lengkap.

Tapi setelah adanya Topics, pengguna bisa mendapatkan info seputar minat secara lengkap. Hal ini karena Topics memiliki jangkauan yang lebih luas.

Topics menyajikan lebih dari 300 subjek. Kalian bisa follow subjek bertema olahraga, hiburan, game, dll, seperti saat kalian mengikuti akun seseorang.

Ketika mengikuti subjek tertentu, timeline akan dipenuhi akun orang lain yang tidak kalian ikuti. Kalian bisa melihat Tweet yang berkaitan dengan subjek tersebut.

Misal kalian mengikuti topik tentang olahraga. Maka kalian dapat melihat Tweet dari akun milik pakar hingga penggemar yang membicarakan seputar olahraga di Twitter.

Sumber Gambar : Twitter

Cara Menggunakan Fitur Topics

Di mana kita bisa menemukan Topics? Saran topik akan muncul otomatis di timeline. Selain memanfaatkan saran otomatis, kalian juga bisa mencari Topics di kolom pencarian berdasarkan minat.

Untuk menggunakan Topics, kalian cukup melihat petunjuk ‘Topic Follow’ yang ada di timeline. Saran topik muncul berdasarkan apa yang kalian ikuti dan tandai.

Saran juga muncul berdasarkan cuitan-cuitan yang kalian sukai. Selain itu, akun yang baru-baru ini kalian ikuti juga bisa mempengaruhi saran topik.

Ketika kalian menemukan topik yang cocok, klik atau tap tombol ‘Follow.’ Setelah kalian klik tombol itu, maka tombol Follow akan berganti tulisan menjadi ‘You’re Following the (nama subjek) Topic.’