Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Twitter Bikin Fitur Baru Berupa Tombol untuk Tinggalkan Percakapan

Indri Penulis

Twitter kabarnya tengah mengembangkan fitur baru berupa tombol “Tinggalkan Percakapan Ini,” dan sekarang sudah mulai menguji coba fitur tersebut.

Akhir-akhir ini Twitter bisa dibilang lagi sibuk banget. Gimana nggak, Twitter sibuk menguji fitur pengatur kecepatan pemutaran audio & video, lalu menguji coba versi beta fitur “Safety Mode.” Nggak berselang lama, mereka kemudian meluncurkan fitur pin untuk menyematkan pesan langsung (DM).

popculture.id

Kesibukan Twitter ternyata nggak berhenti sampai di situ. Karena baru-baru ini ada kabar terbaru yang mengatakan bahwa Twitter tengah menguji coba fitur “Leave This Conversation” atau “Tinggalkan Percakapan Ini.” Kabar tersebut dibeberkan oleh Jane Manchun Wong lewat postingan Twitter-nya.

Seperti yang bisa kamu lihat dalam gambar, fitur ini berbentuk tombol. Jadi telah menekan tombol “Leave This Conversation,” Twitter akan menghapus tag nama akunmu dari percakapan (mengubahn @ sebutan nama pengguna menjadi teks biasa).

Dengan menekan tombol tersebut, kamu tidak akan lagi mendapat notifikasi dari percakapan itu. Twitter juga akan menonaktifkan semua notifikasi di thread tersebut. Jadi orang lain tidak akan bisa membawamu kembali ke percakapan yang telah kamu tinggalkan.

Seperti biasa saat fitur semacam ini sedang diuji, mungkin perlu waktu yang cukup lama sebelum Twitter resmi meluncurkannya dan dinikmati oleh semua pengguna.

Misalnya, Twitter dulu pernah menguji fitur untuk bereaksi terhadap tweet pakai emoji. Fitur tersebut diuji kembali pada Juni 2020, dan belum diluncurkan sampai tahun 2022 (entah memang belum, atau Twitter memutuskan untuk tak meluncurkan fitur tersebut).

Ya mau jadi diluncurkan atau tidak, sepertinya fitur “Leave This Conversation” akan disukai banyak pengguna. Saya pun sebenarnya oke-oke saja sama fitur tersebut. Pasalnya dalam sebuah tweet, kadang secara nggak disengaja komentar seseorang akan memicu perdebatan yang nggak ada habisnya.

Contohnya di cuitan penggemar KPOP yang tak jarang menimbulkan banyak perdebatan, dan bahkan  ending­-nya malah saling menjatuhkan fandom KPOP lain. Dari pada mengikuti dan terus di-tag ke percakapan seperti itu, mending leave percakapan saja kan?

Nah dengan adanya tombol “Leave This Conversation,” kamu bisa meninggalkan percakapan semacam itu tanpa khawatir bakal di-tag orang lain dan diajak gabung ke sana lagi.

    %d blogger menyukai ini: