Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

YouTube Music Lirik Tengah Diuji Coba, Bisa Dengerin Lagu Sambil Nyimak Lirik Secara Real-Time

youtube music lirik
Sumber: BBC
Indri Penulis

Fitur YouTube Music lirik kabarnya mulai diuji coba. Pengguna bisa mendengarkan lagu sambil menyimak liriknya secara real-time.

YouTube akhir-akhir ini bisa dibilang cukup memperhatikan YouTube Music. Yap, dia adalah aplikasi streaming musik besutan YouTube.

Beberapa waktu lalu, YouTube sempat meluncurkan fitur share lagu YouTube Music ke Instagram Stories. Tidak hanya itu, yang terbaru YouTube juga sedang menguji coba fitur YouTube Music Radio.

Nah yang terbaru ini, YouTube kabarnya sedang menguji coba UI terbaru untuk fitur YouTube Music lirik. Fitur ini menghadirkan tampilan lirik lagu real-time yang bisa disimak oleh pengguna.

Mengintip Seperti Apa Tampilan Fitur YouTube Music Lirik

Aplikasi streaming musik memang banyak. Contohnya seperti Spotify, Resso, Apple Music, dll. Namun hampir semua dari mereka menyajikan fitur yang hampir sama.

Biasanya aplikasi streaming musik bakal menawarkan fitur perpustakaan dengan jutaan lagu yang bisa didengarkan. Bahkan ada juga beberapa aplikasi streaming musik yang menawarkan fitur lirik lagu.

Sesuai namanya, fitur lirik memungkinkan pengguna mendengarkan lagu sambil melihat lirik yang sedang diputar. Sayangnya selama ini fitur tersebut belum dimiliki YouTube Music.

Namun lewat kabar baru-baru ini, fitur lirik YouTube Music kabarnya diam-diam mulai diuji coba. Fitur tersebut hadir dalam tampilan UI yang menampilkan lirik secara real-time.

Sebenarnya YouTube nggak bikin pengumuman resmi soal fitur ini. Cuma beberapa waktu lalu, salah satu pengguna Reddit membagikan detil fitur tersebut.

youtube music lirik
Sumber: Reddit

Ia memamerkan gambar yang menampilkan tampilan UI YouTube Music lirik. Walaupun postingannya nggak terlalu detil, tapi ia turut memberikan beberapa catatan soal UI baru.

Pengguna Reddit tersebut bilang kalau tampilan lirik YouTube Music agak mirip dengan Apple Music. Selain itu pas YouTube Music diputar dan lirik ditampilkan, sampul album digeser ke kiri. Sehingga lirik ditampilkan secara mencolok di sisi kanan.

Baca Juga:  Desain Baru YouTube TV Rilis, Suguhkan Tampilan Memukau dan Menyegarkan!

Tidak hanya itu, art album buram juga digunakan oleh YouTube Music sebagai background. Lalu yang terpenting, lirik yang ditampilkan telah disinkronkan dengan musik.

Di sisi lain, uji coba ini sepertinya baru dilakukan kepada sebagian pengguna. Selain itu menurut beberapa orang dari 9to5Google, fitur ini masih belum berfungsi di beberapa perangkat.

Namanya juga masih tahap uji coba. Jadi pengguna mungkin masih menemukan error atau berbagai keterbatasan lainnya. Harusnya kalau sudah resmi rilis nanti, kendala-kendala semacam itu nggak bakal terjadi.

Selain itu belum diketahui kapan fitur ini akan resmi rilis. Tapi yang jelas, menarik untuk melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan fitur ini untuk diluncurkan ke lebih banyak pengguna.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]