Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Uji Coba Fitur YouTube Music Radio Dimulai, Pengguna Bisa Bikin Playlist Radio Sendiri

youtube music radio
Sumber: Android Police
Indri Penulis

Uji coba fitur YouTube Music radio resmi dimulai. Lewat fitur ini, pengguna bisa bikin playlist radio sesuai artis, genre favorit, sampai suasana hati.

YouTube Music adalah aplikasi streaming musik besutan YouTube. Aplikasi ini diciptakan untuk menyaingi platform streaming musik lainnya seperti Spotify dan Apple Music.

Selama beberapa bulan terakhir, YouTube Music telah mendapat beberapa fitur baru. Misalnya fitur untuk share lagu ke Instagram Stories, hadirnya filter moodEnergizer‘ yang bikin moon semangat, dll.

Nah sebentar lagi, YouTube Music juga bakal dapat fitur baru. Fitur YouTube Music radio saat ini tengah diuji coba ke sebagian pengguna. Apa sih fungsi dari fitur tersebut? Mari kita lihat.

Uji Coba Fitur YouTube Music Radio Dimulai

Dilansir dari situs 9to5Google, saat ini YouTube sedang menguji coba fitur YouTube Music radio. Karena masih dalam tahap beta, jadi fitur ini baru bisa dinikmati oleh sebagian pengguna YouTube Music.

Untuk pengguna YouTube Music yang kebagian uji coba, mereka akan melihat menu ‘Create a Radio’ di feed utama. Seperti yang saya katakan tadi, fitur ini dirancang untuk menyesuaikan musik sesuai selera pengguna.

youtube music radio
Sumber: 9to5google

Fitur tersebut memungkinkan pengguna bikin playlist radio berdasarkan genre, mood, dll langsung dari layar ‘Now Playing.’

youtube music radio
Sumber: 9to5google

Setelah pengguna mengklik tombol Create Radio, YouTube Music akan memberikan tiga opsi ‘Song Selection’ yang bisa dipilih pengguna. Ketiga opsi yang disajikan meliputi Familiar, Blend dan Discover.

Kemudian pengguna bisa memilih lagu berdasarkan Filter yang disajikan YouTube Music. Filter yang disajikan terbagi menjadi beberapa kategori yakni Popular, Deep Cuts, New Release, Pump-up, Chill, Upbeat, Downbeat, dan Focus.

youtube music radio
Sumber: 9to5google

Kalau sudah selesai memilih filter, pengguna bakal mendapat playlist YouTube Music Radio dengan deskripsi berikut, “Kustomisasi musik tanpa batas untuk Anda. Selalu update.”

Baca Juga:  Fitur "YouTube Shopping" Mungkinkan Orang Belanja Langsung di YouTube

Di sisi lain, pengguna yang kebagian uji coba mengatakan kalau YouTube Music masih menyajikan tombol biasa untuk menambahkan lagu ke daftar putar.

Tapi masalahnya, daftar putar Radio ini kadang-kadang nggak tersimpan dengan benar. Artinya saat pengguna sudah bikin playlist fitur YouTube Music Radio, lagu-lagu yang ada di dalam daftar nggak tersimpan. Tapi pembuatannya muncul di Activities.

Sebenarnya fitur semacam ini sudah ada di beberapa platform streaming musik lain. Yah, katakanlah seperti Spotify. Spotify tidak hanya memungkinkan pengguna bikin playlist sesuai mood dan genre. Spotify bahkan punya fitur Supergrouper untuk mencampur banyak lagu.

Sementara itu, hingga kini belum diketahui kapan fitur YouTube Music Radio diluncurkan secara global. Tapi karena fitur ini sudah masuk tahap pengujian beta, harusnya sih nggak lama lagi. Kita tunggu saja update informasi dari YouTube ya.


Kalau kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]