Tahukah Kamu Ukuran Gambar dan Video Ideal Untuk Instagram?

foto instagram

Mungkin selama ini jarang yang memperhatikan ukuran gambar (foto) atau video di Instagram. Toh tinggal jepret, atur di aplikasi, lalu upload, beres. Tapi kalau kamu ingin foto dan videomu bisa tampil maksimal, hal ini sebenarnya harus kamu perhatikan.

Bagaimanapun yang namanya komposisi adalah bagian dari estetika fotografi (juga video). Apalagi Instagram sekarang bukan hanya sekedar untuk berbagi foto dan video sehari-hari. Ada yang mengunggah brosur, komik, sampai potongan klip game yang dimainkan.

Memahami Aspect Ratio dan Ukuran Pixel

Sebelum masuk ke ukuran gambar dan video Instagram, ada dua hal yang harus kamu pahami terlebih dulu. Kedua hal itu adalah aspect ratio dan ukuran pixel.

Aspect Ratio

Aspect ratio adalah perbandingan panjang dan tinggi. Selain untuk gambar, hal ini juga sering disebut ketika membahas layar (yang juga berhubungan dengan gambar). Ketika menyebut perbandingan ini, biasanya angka yang ada di awal mewakili panjang, dan angka di akhir mewakili tinggi. Misalnya: 3:2, 4:3, 16:9, 18:9, dll.

Ukuran Pixel

Ukuran pixel menunjukkan ukuran gambar baik panjang dan tinggi yang biasa dipakai untuk keperluan digital. Walau mirip dengan aspect ratio, ukuran ini lebih pasti. Yah, konsepnya sama seperti ukuran kertas, hanya saja ini untuk layar. Misalnya: 640×640, 1080×720, 1440×900, 1280×720, dll.

Biasanya, angka yang menunjukkan tinggi juga menunjukkan kualitas video. Misalnya video HD 720p akan memiliki ukuran 1280×720, video full HD 1080p akan memiliki ukuran 1920×1080, dll.

Hubungan Aspect Ratio dan Ukuran Pixel

Apa hubungan di antara keduanya? Tentu saja dalam hal tampilan dimensi panjang kali tinggi. Gambar berukuran pixel 1920×1080 dan 960×540 akan memiliki aspect ratio 16:9.Β  Sedangkan gambar berukuran 800×600 akan memiliki aspect ratio 4:3.

Untuk informasi soal ukuran ini, kamu bisa membaca lebih jauh di artikel mengenai resolusi layar.

Ukuran Gambar dan Video Instagram

Gambar di Instagram awalnya hanya mendukung bentuk bujur sangkar atau aspect ratio 1:1 dengan ukuran pixel 640×640. Baru pada tahun 2015, Instagram meningkatkan kualitas gambar ke 1080×1080. Sekarang Instagram juga mendukung format lain, tidak hanya bujur sangkar saja.

Foto dan Video Bujur Sangkar

Ukuran maksimal tampilan gambar Instagram untuk format bujur sangkar (1:1) saat ini adalah 1080×1080 pixel. Jadi itu adalah ukuran idealnya. Kenapa? Karena Instagram kadang menampilkan foto dalam ukuran lebih kecil (dikompres). Jadi, kalau kamu mengunggah foto yang berukuran kecil, tampilannya bisa pecah/blur.

Foto dan Video Horizontal

Instagram menyebutkan kalau aspect ratio foto horizontal yang direkomendasikan adalah 1.91:1. Angka yang rumit bukan? Tapi jangan kuatir. Kamu bisa menggunakan aspect ratio paling panjang, yaitu 16:9. Artinya, ukuran ideal gambar horizontal adalah 1920×1080. Lagi-lagi, agar bila dikompresi hasilnya tidak terlalu pecah.

Foto dan Video Vertikal

Untuk ukuran foto vertikal, Instagram sedikit lebih kaku. Aspect ratio idealnya adalah 4:5. Lebih dari itu, gambar akan terpotong. Dengan begitu, ukuran ideal foto vertikal adalah 1080×1350. Kalau kamu mau menampilkan brosur, foto vertikal bisa jadi pilihan ideal karena punya bidang tampilan lebih besar.

Catatan untuk Video

Untuk video, tentu ada pertimbangan satu lagi, yaitu besar file. Mengunggah video FHD (1080) tentu akan memakan kuota internet lebih banyak. Kalau kamu ingin sedikit ngirit, posting video Instagram dengan kualitas HD (720) sudah memadai.

Kamu bisa membaca lebih jauh di artikel tentang kualitas video IGTV.

%d blogger menyukai ini: